everything

Selasa, 03 September 2013

Pemulung itu, Saya Kagum..

Dah lama banget sebenernya pengen critain tentang pak tua yang sering ambil sampah plastik di rumah, tapi biar dapet tulisan yang bagus, pastinya saya kudu wawancara n fotoin bapak pemulung ini.
sebenernya saya ga sengaja tiap kali si bapak di panggil ma my hush buat  ngambilin sampah plastik di rumah merhatiin tu bapak, trus kalo jalan-jalan sore juga ketemu si bapak lagi mungutin botol2 kemasan air minum. pernah suatu malam di bulan puasa yang lalu, saya juga mergokin si bapak lagi ngubek2 tumpukan sampah di pasar (cos hari itu hari pasaran jadi  lebih banyak pedagang yang jualan dan pastinya lebih banyak sampah yang berserak), memilah2 sampah baik plastik maupun aneka kardus yang tampak mengunung...hari pasaran adalah hari yang mengembirakan  buat si bapak...

Nah.... pas tanggal 18 kemarin, waktu itu ada karnaval di Tebo, sore harinya saya dan my hush jalan2 bawa thoriq n tata, eh... ketemu si bapak  dan anaknya yang lagi mungutin gelas minuman yang berserak sepanjang 6 km, soale waktu itu pemulung yang lain lagi pada mudik, jadi kompetitor si bapak ga ada...kata si bapak, di Tebo ini, kompetitornya emang ga seberapa, rata2 yang jadi pemulung adalah orang luar tebo, padahal kata si bapak, kalo di daerah asalnya, ada beginian berebut pak...(dengan logat daerahnya yang kental , oh ya, kita emang sering menghampiri si bapak ato minimal menyapa si bapak dimanapun kami bertemu)

Ternyata si bapak anaknya 7 orang, yang 5 dah berkeluarga n sekarang si bapak lagi nguliahin anaknya di Padang, tiap bulan kudu ngirimin 1 juta rupiah buat biaya hidup si anak..kata si bapak pendapatannya tiap bulan minimal 5 juta, kalo bapak ga sakit, artinya tiap hari kerja, bisa dapetin 6 juta sebulan....nah loh..... keliatannya remeh banget profesinya ( menurut saya pemulung sangat berjasa, jauh dari korupsi, halal,.... cuma banyak yang memandang sebelah mata), lebih besar dari gaji PNS gol 3B dengan 2 anak yang tertera di daftar gaji...

ne saat bapak lagi di depan rumah saya, pas abis magrib mau makan di rumah makan sebelah

akhirnya si bapak mau bergaya demi saya yang dah wawancara


Awalnya si bapak keberatan waktu saya minta ijin foto, dia bilang ntar
"jangan bu, ntar orang kasian ma saya", trus saya jelas kan
"saya bukan kasian pak, saya tau kok bapak berhasil dan pendapatannya gede" alhasil si bapak langsung cerita panjang lebar tentang dirinya tanpa saya tanyain....

Saya seringkali merasa tak menentu, tiap kali melihat pemandangan orang yang bekerja keras seperti bapak ini, terkadang kita remeh melihat profesi semacam ini, kita kadang melihat politisi dan para pejabat yang bergelimang materi dengan rasa kagum, tanpa kita sadar terkadang di gelimang materi tersebut bukan miliknya, tapi kita mengelu-elukannya.... bapak pemulung ini, dengan pekerjaannya seperti itu, saya pikir jauh dari korupsi, 100% halal, jangan-jangan beliau lebih dulu masuk surga di banding kita yang terkadang mungkin meremehkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too