everything

Rabu, 12 Februari 2014

AC, Bikin Pusing......

Jaman saya kecil, yang namanya AC alias air conditiner masih barang elit banget, cuma yang tinggal di rumah gedongan yang pake AC, lagipun jaman dulu ngapain juga pake AC, lah wong udaranya masih sejuk, pepohan masih banyak, tapi sekarang, jangan kan tinggal di kota besar yang rumahnya sudah super duper rapat, kami yang tinggal di kota kecil gini pun, sudah merasakan gerah yang tak terkira tiap hari, apalagi saya yang tinggal di sebuah ruko, minim jendela dan sirkulasi udara yang memadai. menggunakan AC sudah jadi kebutuhan.

Menggunakan AC adalah pengalaman yang menyebalkan hingga sekarang, kalo ademnya pake AC tentu saja suatu kenikmatan, tapi karena dari pertama kali pake selalu saja ada masalah, jadi tiap nyalain AC, yang ada di benak saya selalu tukang service....#lebai.

Tahun 2009, saya pake AC  merek Gree,  karena hadiah, ga mikir merek, tinggal panggil tukang pasang AC. ga nyampe 6 bulan AC saya ga dingin, kita panggil  tukang service, katanya kudu di benerin, its oke.... dicopotlah outdoornya dan di bawa pulang. but  mpe 6 bulan,  tidak juga diantar, dengan alasan alatnya ga ada, rusaknya karena listrik ga stabil,  karena kesal, akhirnya diambil saja dengan  my hush,   tetep masih, rusak yo wes ga apa.  kita cari lagi tukang service yang lain, habislah kita 1,8 juta.....(tuing.....saya ngedumel abis setelah tukang servicenya pulang) katanya ganti kompresor bla-bla....

Ternyata oh ternyata,  masalah ga juga  berhenti, ga nyampe 6 bulan si AC mogok lagi, ntah brapa kali lagi di panggil tukang service, saya  sempet juga mogok pake AC saking kesalnya, akhirnya karena ga tahan tiap bulan panggil tukang service, juni 2013 kemaren, saya memutuskan untuk  beli AC baru,  maksud hati AC baru mungkin ga akan bikin ribet, my hush  mememilih AC panasonic  eco smart 1 PK,   katanya itu yang tangguh. beli di Jambi, dan di Tebo panggil tukang service yang biasanya.

AC  baru alhamdulilah  dingin, pokoke bikin tidur nyenyak, tapi sodara-sodara........abis lebaran kemarin, AC sudah ga dingin lagi, saya sampai emosi jiwa dengan  my hush yang jadi pelampiasan omelan saya, jadilah panggil tukang service yang memasang AC baru kami ini, di cek....ternyata freon habis.....saya memang ga ngerti banget soal beginian, dari beberapa artikel yang saya baca, kalo kejadiannya seperti itu, arinya ada yang bocor, tapi dengan tukang service hanya di isi freon, alhasil 1 bulan kemudian  AC saya ga dingin lagi, kembali di isi freon ma tukang service, sekitar bulan November, instalasi di ganti dengan  yang baru, katanya kebocoran pada instalasi lama,  bayarlah kita  Rp. 450.000,-, yo wes iklas, semoga ga ada masalah  lagi.....

Tapi ternyata  Desember kemarin, AC  ga dingin lagi, tukang service tau kalo AC kami bocor, tapi bagian mana yang bocor tidak di temukan, sulit menggambarkan perasaan saya,  keseeeeeeel banget, saking bosen dengerin ocehan saya tiap hari, juga ga kuat dengan anak yang sebentar-sebentar terbangun karena berpeluh keringat kalo malam hari, akhirnya suami beli alat pengukur freon dan 1 tabung freon, (total habis 1 juta), jadi bisa isi sendiri, bayangkan,  sejak beli tanggal 24 Desember 2013 sampai hari ini, sudah 3 kali isi freon. sebenarnya membeli tabung freon  sendiri juga ga menyelesaikan masalah, kami hanya sudah bosan memanggil tukang service. (di tempat kami ini hanya ada 3 tukang service dan ke3nya sudah  kami pakai), tukang servicenyapun sudah bosan kerumah kami, dan ga mampu menyelesaikan masalah kebocoran AC kami.


Entah sampai kapan AC  kami bandel seperti ini, saya sedang mengupayakan mencari tukang service AC yang mumpuni  dari tempat lain. dari pengalaman saya yang super ribet menggunakan AC, ada 2 hal penting yang harus dilakukan ketika memasang AC.
  1. Pasanglah AC dengan tukang service AC yang langsung ditunjuk dari toko, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, pihak toko bisa bertanggung jawab.
  2. Gunakan voltage stabilizer, karena AC akan lebih awet dengan  tegangan listrik yang stabil.




2 komentar:

  1. tak pikir bikin pusingnya saat dinyalakan mbak, eh ternyata malah ngurusnya hahaha

    Sukabumi|| Solo ||Malang

    BalasHapus
  2. Coba ganti di salurannya. Jika itu msh bermasalah brati disisi ac

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too