everything

Jumat, 25 April 2014

Sedikit Meniru Food Combaining

Menu makan siang hari ini ala FC, nyobain makan siang dengan mentah-mentahan, ada wortel, kol dan buncis, daun singkong tetep di rebus, ga mungkinkan  makan daung singkong mentah kan ya....., sambalnya cabe hijau dengan tomat, tempe dan rimbang...awalnya saya pikir ga bakal tertelan wortel dan buncis mentah ini, ternyata enak juga, yang penting sambalnya cihuy...

Saya sebenarnya tidak begitu suka lalapan, yang saya sering gunakan sebagai lalapan mentah  cuma kemangi, timun dan kol..(kan selalu ada pas beli pecel lele...), hari ini nyobain mentah-mentahan karena sering ngintipin Food Combaining Indonesia di facebook.

makan siang ala FC

Soal FC, pertama kali  baca di blognya mbak Jihan Davinka, (saya suka mantengin blognya, penulis dengan gaya tulisan yang asyik banget, belum jadi Jihan Davinka Lover sih, cos belum punya bukunya....hahah, ndesit mbak....ga ada tobuk disini #alesan), karena tulisan mbak Jihan yang sangat menarik, saya pun terpancing untuk mencari tau lebih banyak mengenai pola makan ini, dan sayapun  mulai bergerilya  di gugel. 

Dari hasil intip-intip, FC ini yang paling masuk akal buat saya untuk menjalani pola hidup sehat, bukan untuk kurus ya...tapi menurut artikel-artikel yang saya baca,  dengan menjalani pola makan FC yang benar, akan tercapai berat tubuh yang ideal, yang kurus banget bisa jadi berisi, yang kegemukan bisa turun berat badannnya menjadi berat yang ideal..

Virus FC ini sebenarnya cukup meracuni pikiran saya, tapi kan tidak mudah juga ya menjalaninya, prisip dasar FC sebenarnya sangat  sederhana (saya tidak akan menuliskan prinsip-prinsip dasarnya, silahkan intip di sini ), tapi menjalaninya ga sederhana pastinya, apalagi buat saya yang punya pola makan amburadul bin kancau...

Prinsip dasar food combaining yang sering saya adopsi hingga saat ini adalah rutin minum  segelas air hangat yang diberi perasan jeruk nipis,  prinsip dasar FC yang pertama ini paling mudah soalnya, dan juga minum air hangat dan perasan jeruk nipis memberikan banyak sekali manfaat diantaranya meningkatkan pencernaa, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi sembelit, agen pembersih alami, mengurangi penuaan, baik untuk kulit serta mampu menurunkan berat badan (tuh seabrek kan manfaat baiknya....apa ga kepincut).

Prinsip dasar food combaining lain yang saya tiru adalah mulai belajar menkonsumsi buah saat sarapan, soal mengkonsumsi buah ini, saya termasuk yang payah, kalo beli buah semacam apel atau pear atau buah naga, bisa berhari-hari hanya tersimpan dikulkas tanpa tersentu, males banget makan buah, kecuali pepaya dan melon, sebab buah jenis ini biasanya saya kupas dalam jumlah banyak, masukan dalam tempat rapat, ketika mau makan tinggal comot, tapi tetep juga beli 1 buah, sampai  seminggu baru habis. makan buah di pagi hari sudah mulai rutin saya lakukan akhir-akhir ini, meski baru beberapa jenis buah saja, kuantitasnya juga sudah semakin bertambah dari sebelumnya, sebenarnya saya sadar akan manfaat penting mengkonsumsi buah, tapi memang tidak mudah mengubah kebiasaan dari menu sarapan berat semacam pisang goreng, pecel, mie rebus, lontong  atau nasi goreng dengan sarapan aneka buah.

Untuk makan siang dan malam, saya belum bisa sepenuhnya mengikuti prisip FC, ga makan nasi tampaknya masih sulit buat saya, alhasil saya lebih mememilih mengurangi makan protein hewani, ga makan hewan ga masalah buat saya yang penting makan nasi (ndesit ya....), jadi sekarang saya lebih banyak mengkonsumsi sayur dan protein nabati semacam tempe dan tahu (ngirit banget tau....), saya juga mulai menambah jenis sayuran segar kedalam menu makan siang dan malam, saya mulai nyobain toge mentah, wortel mentah, kacang panjang mentah, masih sayuran standar yang biasa di jadikan lalapan.

Sudah banyak artikel  tentang FC yang saya baca, tiap buka inet juga  langsung ngintip FCI, prinsip-prinsip dasar juga sudah dibaca khatam berkali-kali, tapi menerapkannya sungguh sulit....semoga suatu saat saya bener-bener bisa menjalani FC dengan baik dan benar...



Sumber :
1. http://jihandavincka.wordpress.com/2013/01/30/solusi-hidup-sehat-ala-food-combining
2. https://www.facebook.com/CantikTanpaKosmetik/posts/10151402189509259

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too