everything

Jumat, 19 Juli 2013

Melahirkan Normal atau SC


Bagaimana cara melahirkan, sepertinya saat ini bisa menjadi sebuah pilihan (takdir juga pastinya), berdasarkan pengalaman saya yang sudah dua kali melahirkan, anak pertama saya lahir secara normal, dan anak ke2 saya dan suami sepakat untuk melahirkan dengan cara secio cesaria...keduanya mempunyai kemudahan dan kesulitan masing2.....
saat akan melahirkan anak pertama, tentu saja saya belum pernah merasakan bagaimana sakitnya melahirkan, jadi ketika kehamilan sudah 40 minggu, dan belum juga ada tanda akan melahirkan, ketika dokter menyarankan untuk di rangsang agar bisa lahir normal, saya setuju saja, tidak terbayang bagaimana sakitnya pada waktu, 
waktu hamil anak ke 2, saya  dan suami memutuskan untuk melahirkan secara sectio caesarea, saya memilih opsi SC karena saya cukup trauma dengan kelahiran anak pertama secara normal tapi di induksi, karena sudah merasakan melahirkan dengan kedua cara tersebut, menurut saya keduanya ada enak dan tidak enaknya juga dan ini versi saya loh...
1. Melahirkan normal (di induksi)
Melahirkan normal itu enaknya, begitu babynya keluar, langsung plong, ga sakit lagi...6 jam tidak boleh bergerak, dan setelah itu boleh mulai jalan.. seminggu juga dah sembuh.
tidak enaknya jika harus di induksi terlebih dahulu, sepertinya saya tidak recomended dech,sakitnya luar biasa banget, beberapa temen yang sudah pernah induksi juga sependapat, dan ada juga yang tidak berhasil di induksi, sudah merasakn sakit luar biasa, di SC pula, kalau di induksi, kontraksinya rapat sekali, pengalaman saya, belum sempat tarik nafas, sudah kontraksi lagi....(pokoknya saya tidak mau lagi dengan proses seperti itu)...tapi saya juga sangat bersyukur...alhamdulilah induksi saya berhasil, dan bisa lahir secara normal.

2. Melahirkan secara SC
Secara SC enaknya, bisa di rencanakan, saya bisa mempersiapkan diri dengan baik, karena di rencanakan, saya samasekali belum merasakan sakit.
tidak enaknya adalah, pasca operasi, sakitnya luar biasa, kalo saya 30 jam sakit sekali, tidak bisa bergerak, tidak boleh makan, hanya boleh minum sedikit2, mau buang angin sakit, tertawa sakit, batuk apalagi... pokoke 30 jam pertama luar biasa, setelah 30 jam saya mulai duduk, tetap sakit, setelah 2 hari saya mulai berjalan ke kamar mandi, sampai 5 hari baru tidak sakit...dan bisa jalan dengan enak...

dari kedua pengalaman itu, menurut saya, melahirkan adalah hal yang sangat luar biasa, pertarungan antara hidup dan mati, tapi dari semua perjuangan itu, rasanya sepadan dengan anugrah kita di beri mahluk mungil yang luar biasa....tidak penting bagi saya cara melahirkan itu bagaimana, saya tidak menyesal menjalani keduanya, rasa sayang terhadap anak tidak  di pengaruhi bagaimana cara kita melahirkannya...rasa sayang saya sama besarnya terhadap kedua anak saya yang di lahirkan dengan cara berbeda.... saya sangat bersyukur bisa merasakan melahirkan dengan normal dan SC.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too