everything

Selasa, 14 Juli 2015

Amplop Lebaran Buatan Sendiri



Lebaran tinggal beberapa hari lagi, persiapan menyambut hari raya sudah kah selesai?, baju baru, kue-kue, bersihin rumah, dan THR buat para keponakan?. 

Semenjak sudah berpenghasilan sendiri, tiap tahun saya selalu menyisihkan sebagian uang untuk para keponakan tercinta, nggak banyak-banyak sih tapi dengan duit-duit baru dalam amplop yang lucu, mereka semua akan gembira.

Amplop THR buat anak-anak ini biasanya saya beli saja, praktis meski yang namanya beli tidak ekonomis, apalagi tinggal di daerah macam saya ini, amplop THR lucu-lucu itu jarang ada, sekalipun ada terkadang harganya lumayan mahal. Kemarin sempat ditawarin sama temen dekat sini sebungkus isi 10 lembar harganya Rp.12.000,-. Tuh mahal kan?.

Trus pas jalan-jalan ke Muara Bungo kemarin saya sudah beli, eh karyawan salon juga mau, padahal saya belinya cuma 3 bungkus masing-masing isi 10 dan harga perbungkusnya Rp. 5.000,-, cukup untuk saya saja, alhasil kami bikin sendiri, dari bahan-bahan yang mudah didapat dan murah. peralatan dan bahan yang diperlukan adalah : gunting, kertas kado aneka warna, lem dan mistar.

Cara membuatnyapun mudah sekali :
1. ukur kertas kado sebesar 15 cm x 13 cm, lalu gunting dan lipat-lipat, ini ukuran hasil nyontek amplop yang sudah ada ya, tapi kalau mau bikin ukuran sendiri yang lebih imu-imut juga tidak masalah.



2. Lem bagian sisi ini dan rekatkan.





3. Lipat bagian ujung-ujungnya kira-kira 1 cm.



4. Gunting bagian sudut untuk bagian tutup, seperti gambar dibawah ini :


5. Lem salah satu tepi saja ya, kalo keduanya uangnya gak bisa masuk dong.

6. Ini dia amplonya, lucukan





Nah begitulah caranya buat amplop sendiri, mudah bukan?, satu lembar kertas kado dengan harga Rp. 1000,- bisa  jadi 12 buah amplop, murah meriahkan. ayo buat sendiri dan kreasikan sesukamu. Bisa juga pake kertas-kertas yang lainnya, bisa ditambah gambar-gambar yang lucu-lucu kalo rajin, hehehe. Selamat mencoba.


Artikel ini diikutsertakan dalam #GiveAwayLebaran yang disponsori oleh Saqina.comMukena Katun Jepang NanidaBenoa KreatiSandermdhofaro, dan Minikinizz  



15 komentar:

  1. kalau rajin memang semua jd bisa ya mak :-)
    kereen, murah meriah jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. teori emak-emak ya... selalu irit. hihihi

      Hapus
  2. sama mak. saya juga suka bikin. dulu saya sempat bikin dr kertas origami trus depannya ditempeli gambar-gambar hssil guntibgan sendiri. ada gambar masjid, alam dll. tp skrg ga lagi. lha gimana ya, yg dikasih ga ngerespon. cuma terima trus ambil uangnya. udah. jd males deh. *ga ikhlas ya?*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, lebih kreatif ini, kemarin pengen dikasi gambar, tapi males mbak bikinnya...lama...

      Hapus
  3. dari 1000 bisa menjadi 12 amplop dari pada beli amplopnya langsung 1000 dapet 2 :D
    mau nyobain bikin ahh biar hemat uang juga hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ipah, kalo beli 5000 isi 10, buat sendiri lebih hemat, dari pada puasanggak ada kegiatan...

      Hapus
  4. kreatif banget yaa, Mak :)

    oya, sekalian mau ngabarin, aku lagi bikin #GiveAwayLebaran Mak.. ikut yaaaaa
    infonya disini http://heydeerahma.com/index.php/2015/07/13/kontes-blog-giveaway-lebaran-bersama-heydeerahma/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bisa diikutkan nggak mbak...

      Hapus
    2. bisa Maaak Enci.. terimakasih ya sudah ikut #GiveAwayLebaran :)

      sering-sering ya main ke blogku, heydeerahma.com ;)

      =Dee=

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Rajin dan niat mak. Itu kuncinya. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak dian.... malas sih penyakit nggak ada obatnya..heheh

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. hiks... telat bacanya...
    bolh nih buat lebaran taun dpn :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too