everything

Rabu, 08 Juli 2015

Akhirnya Tata Makan Nasi

Semalam tata mendadak bilang gini 

"bu, mbak mau nasi uduk"
"nasi uduk..." kaget banget donk saya, secara sejak umur 15 bulan tata gak pernah makan nasi barang sebutir.
"iya bu, mau nasi uduk yang kayak kemarin kayak mbak tia makan"

Yup, beberapa hari yang lalu kami buka di warung tenda, sebelum pesan saya tanya dulu siapa yang mau nasi uduk, dan siapa yang nasi putih, tata tentu tidak usah ditanya, karena selama ini dia memang tidak pernah makan nasi, es teh saja cukuplah dia. sepupunya yang pesan nasi uduk dan suami, saya sih lebih suka nasi putih saja.

Sedari kecil tata memang anak yang tidak celamitan soal makanan, sampai umur 1 tahun dia tidak kenal yang namanya krupuk, permen atau aneka cemilan, hanya biskuit yang boleh dia makan. saat melihat orang makan pun dia tidak terlihat kepingin. berbeda dengan adiknya, layaknya anak kecil lain, tiap melihat orang makan, mulutnya akan mengecap-ngecap tanda mau.

Saya tidak tau pasti apa penyebab tata takut sekali dengan yang namanya nasi, jadi hingga kemarin, dia belum pernah makan nasi sejak umur 15 bulan, seperti bayi lain umur 6 bulan saya beri MPASI yang saya buat sendiri, 9 bulan mulai nasi lembut yang dimasak sendiri hingga umur 15 bulan, sampai akhirnya tiap disuapin selalu dilepeh, tapi terus saya coba sampai dia tidak mau sama sekali, bahkan jika saya makan dan duduk disampingnya, diaakan marah, mencium bau nasi saja tata akan langsung pergi.

Mendengar tata minta nasi uduk, saya gembira banget dan langsung bercerita pada suami, semoga harapan saya agar tata makan nasi bisa terwujud, saya selalu optimis, mungkin nanti saat mulai sekolah, tata akan mau makan karena melihat teman-temannya makan, mungkin belum ada satu tahun ini juga tata doyan makan lontong, itupun hanya dengan sate padang dan saya sudah sangat gembira, apalagi ini tata minta sendiri nasi uduk, luar biasa gembira semoga tata beneran doyan.

Dan akhirnya sore tadi, ayahnya membelikan nasi uduk, dengan raut muka yang sangat riang, meminta saya mengambilkan piring dan cuci tangan, padahal makannya pake sendok, biar kayak di warung tenda katanya. semangat banget nyuapin tata, suapan pertama dikunyah dan ditelan dengan sukses. suapan kedua masuk, suapan ketiga dilepeh, trus muntah dan muntah lagi banyak banget, muntah susu pastinya. saya agak cemas, tapi berusaha tenang.

Saya bersihkan tata dan ajak mandi sambil terus dibujuk-bujuk, dia bilang nasinya enak, nasi tuh manis ya bu, syukurlah, saya pikir setelah muntah tadi dia bakal tidak mau lagi makan, ternyata abis mandi masih mau lagi, hanya nasi uduk saja, tidak mau pake bawang goreng, tidak mau pake ikan goreng. ya sudahlah minimal mulai mau makan nasi. 

Ternyata muntah tadi karena masuk tempe goreng dalam suapannya saking semangat si ayah menyuapi, mungkin ada yang aneh langsung di lepeh.

Setelah cukup banyak makan nasinya dan tidak mau lagi, dia bilang gini ke saya :
"besok beli lagi ya bu nasi uduknya "

oke, kita akan beli nasi uduk tiap hari sampai tata doyan nasi putih masakan ibu, huhuhu, tapi jangan lama-lama ya nduk, kalo sampai lama nanti ibu malah yang buka warung tenda sekalian untuk makan tata.


23 komentar:

  1. Tata sekarang umur berapa Mak? Selama ini nasinya diganti dengan apa? Kentang? Roti?
    Anaknya temen saya juga tidak suk nasi loh..sekarang udah SMP, tetep sehat terus kok.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. umur 5 tahun mak, selama ini ya cuma minum susu, makan roti, biskuit... kue2 ada juga beberapa yang dia mau.

      Hapus
  2. wah aku mau nasi uduk juga kalo gitu..enak banget..anak kecil aja mau..apalagi yg udah besar...hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang besar mah segala doyan mak dwi..heheh

      Hapus
  3. di tempat saya juga ada anak kecil yang gak mau makan nasi tapi anehnya makan bubur beras dia mau hehehe kalo engga ada bubur beras dia pasti makannya mie instan tapi dia sehat mba ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tata juga alhamdulilah sehat, orang indonesa mbak ipah, kalo belum makan nasi belum lego maknya...heheh

      Hapus
  4. tetangga saya dulu punya anak juga kayak gini mbak..dia ga mau mkn nasi..makan nasipun harus diblender pdhl usia sdh 3 th. tp alhamdulilah sekarang dah mkan nasi. salam buat dik tata ya makan yang banyak dek

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru sekali doang mbak...sekarang sudah emoh lagi...hahaha, tapi ibue tetep bahagia, anaknya doyan nasi....

      Hapus
  5. aku punya temen yang gak suka nasi, temenku di kampus malah sampe dibayar 100k untuk satu suap nasi doong tapi tetep dia cuma mau makan dua suap, aku kira biasa aja, tapi baca ini ternyata kalo dilihat dari sisi ibu itu bisa makan nasi bikin bahagia yaa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitulah, buat seorang ibu, hal remeh temeh saja bisa bikin sangat bahagia, makanya kadang juga seorang ibu dianggap lebai dengan orang lain saat memperlakukan anaknya ..hehehe

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Saya nih, anak nggak mau makan nasi "baru" semingguan aja ketar-ketir. Pdhl sumber karbo kan bukan cuma nasi ya. Indonesia banget he he. Pas penghujung puasa anak saya sempat ogah makan nasi. Dan berlanjut sampai beberapa hari slth lebaran. Trus suatu sore lihat ada warung uduk yg buka. Iseng beli sebungkus untuk dia dan makannya lahap. Ternyata memang kangen makan nasi uduk ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  8. itulah mbak, padahal anak saya juga gak kurus, masih doyan makanan lain, tapi kalo nggak doyan nasi kok ya belum lego...

    BalasHapus
  9. Ponakanku Aldy 5 tahun baru juga makan nasi.. Kmrn2 ogah banget sama nasi.. Ada triknya Mbak.. Diajak main di taman kota yg ada becak2an, motor2an..dia paling suka main di situ.. Suatu hari pas lewat di taman kota si Aldy minta mampir tapi ditolak.. Dibilangin sama Aldy kalo mau main di taman hrs makan nasi. Awalnya Aldy sampe mual makan nasi tp lama2 nggak lagi dan skrg sdh makan nasi secara teratur.. Faktor kebiasaan saja layaknya nih Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sering juga gitu mbak, kalo tata mau sesuatu, biasanya syaratnya harus mau makan nasi dulu, tapi tetep masih maunya nasi uduk...

      Hapus
  10. Wah syukurlah Mbak Enci, tumbuh kembang si Tata makin baik. Alhamdulillah nasi Uduk, bukan pizza. Nasi Uduknya kan gurih dan murah, bikin si Tata menginginkan lagi. hehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tata lum pernah makan pizza om...di tebo nggak ada bakulnya...hahah

      Hapus
  11. Jadi selama ini Tata makan apa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makan lontong pake sate padang, roti2, beberapa macam kue, bakso...doakan mau makan nasi ya mbak...

      Hapus
  12. Semoga Tata bisa makan nasi dengan lahap mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, sekarang masih agak susah, semoga kedepannya tambah mudah..

      Hapus
  13. Semangaaat... tak mau makan nasi, masih ada makanan lain pengganti nasi mak. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, maklum nech maknya masih indonesa banget...kalo nggak nasi nggak kenyang..hehehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too