everything

Senin, 02 November 2015

Belum Sekolah di Usia 5 Tahun

15 September kemarin, Tata genap berusia 5 tahun, hingga saat ini belum sekolah, sebenarnya puasa kemarin, saya sudah hampir membayar lunas uang pendaftaran masuk TK, karena waktu itu libur sekolah dan bulan puasa, salah satu pengurus sekolah meminta saya datang saja saat mulai masuk sekolah, begitu biasanya kata ibu itu. ya sudah saya bawa kembali formulir pendaftaran yang sudah diisi ayahnya.

Sebenarnya dari awal saya dan suami masih agak rada-rada ragu, Tata lahir bulan september, jadi kalau tahun ini masuk TK (kami hanya berencana TK 1 tahun), tahun depan SD dan saat itu umurnya 5 tahun 10 bulan, kurang dari 6 tahun, si pemilik yayasan menyarankan demikian juga ke saya, tahun depan langsung SD, sementara suami kekeh untuk belum memasukan Tata ke TK, sementara saya, biasalah ya, emak-emak labil, antara pengen nyekolahin dengan tidak sama kuatnya.

Akhirnya setelah baca-baca beberapa referensi dari beberapa tulisan baik tentang teman-teman yang menyekolahkan anaknya diusia hampir 7 tahun, serta ulasan beberapa phsikolog mengenai hal ini, saya dengan kuat hati tidak menyekolahkan Tata tahun ini, kalo suami lebih beralasan, "ajarin aja di rumah, emaknya juga dirumah" Whats...tapi kan saya pengen hahahihi dengan mahmud-mahmud itu, pengen jajan-jajan dikantin sekolah, pengen ngeceng juga, pengen nggak liat tembok kiri-kanan tiap hari. Bukan kok, saya lebih mikir nanti ketuaan nggak ya, kalo masuk SDnya tahun depannya lagi, kan artinya itu nanti Tata SD pas umur 6 tahun 10 bulan. Takutnya nanti kawan-kawannya 6 tahun, maklum juga di sini ini, malah banyak yang 5 atau kurang dari 6 tahun masuk SD, dan emaknya cerita dengan senang hati kesaya (baca = bangga), apa nggak bikin sesuatu dipikiran saya, wadoh...anak saya belum sekolah.

Ya sudahlah, segala pikiran jelek saya tepis, toh Tata masih susah disuruh bangun pagi, toh sayang belum perlu repot pagi-pagi gedubrakan nyiapin tetek-bengeknya, kalo si mbak sekolah, adiknya juga harus sekolah karena di rumah nggak ada teman, toh disekitar sini banyak anak kecil-kecil kawan main Tata, toh kalo diajarin Tata masih meleng sana meleng sini alias masih belum mau konsentrasi. toh tiap dibilang"mbak tata sekolah yuk" dia akan jawab "nggak ah, mbak sekolah dengan ibu saja", baiklah aku gembira (padahal waktu saya bawa ke TK, nggak mau pulang, asyik mainan perosotan).

Hal lain yang menenangkan saya, satu teman saya yang anaknya lahir bulan september juga, ngajakin TK tahun depan, kebetulan cewek juga dan dia mengajak sekolah di tempat yang sama besok, jadi setidaknya nanti tata sudah punya satu teman yang usianya sama, bagaimanapun, saya tetap merasa kuatir kalau-kalau nanti Tata dibully temannya soal umur ini.

Eh tapi saya nulisin ini bukan anti sekolah cepat loh ya, yang penting menurut saya sih anaknya mampu, soalnya saya sering juga mendengar serta menyaksikan sendiri beberapa ibu bercerita anaknya susah belajar, susah membaca, maunya main-main terus, eh setelah saya tanya emang sekolahnya masih kekecilan, jadi soal kapan menyekolahkan anak ini yang pasti ortunya lebih tau. Dan kapanpun anak kita sekolah, suport orang tua sangat penting, artinya didikan dari guru disekolah saja tidak cukup, karena waktu dan jumlah murid yang banyak, belum lagi kemampuan menyerap pelajaran masing-masing anak berbeda satu sama lain.


sumber :http://edukasi.kompas.com/read/2013/10/14/1618542/Ingat.Efeknya.Biarkan.Anak.Tumbuh.Sesuai.Usianya.

18 komentar:

  1. Hahahaha tata pinter...gpp mak selama anaknya seneng dan ibunya sanggup...gpp dirumah...aku termasuk yang labil dah nyekolahin biar banyak temen tujuane :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga labil..., tapi banyak mebaca tulisan para phsikolog itu, bikin tambah yakin...

      Hapus
  2. saya juga galau mba, anak usianya nanggung masuk tk tp kurang 2 bln usianya. pilihannya cuma maju atau mundur. di lingk saya jg banyak sekolah swasta 5 tahun udah bisa masuk SD

    BalasHapus
    Balasan
    1. lingkungan emang asli makin bikin galau, tapi yah....mana yang terbaik saja, kalau memang anaknya mampu nggak apa menurut saya, yang penting bukan karena maunya kita tanpa melihat kemampuan anak...

      Hapus
  3. Saya juga masukin kifah kemarin ke paud posyandu, pas usia 4 tahun. Sya kira dia bakal ga suka sekolah, jd sbnrnya sy juga awalnya ragu, takut mogok. tapi alhamdulillah ngga. Soalnya kalo mogok yaudah lah ngga akan sy terusin sekolahnya, gpp d rumah aja.

    Kalo ibu2 d sekolah kifah sih rata-rata nyekolahin anaknya sejak dini katanya sih karena beban pas masuk sd harus bisa baca. Tapi sebenrnya sy ga setuju juga, kasian anak dipaksa belajar. Dr undang2 sndiri emang ga boleh ada syarat bs calistung pas masuk sd, tapi apa daya sd skrg mengabaikan peraturan, dan lbh cndrung k tuntutan masyarakat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting pas paud dan tk a jangan di porsir, kalo dirumah atau lingkungan terdekat tidak ada teman, memang sebaiknya paud katanya mak...itu yg saya baca...

      Hapus
  4. yang penting proses belajar di rumah jalan terus :)..have fuuun tataaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih tante..., iya nech ibunya sudah jadi guru abal-abal, apa saja di ajarin..hehehe

      Hapus
  5. selamat ulng tahun ya mbk tata..
    iya mak, gt aja wes, toh di rmh tata jg belajar ssm emaknye kn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih suportnya mbak inda, semoga tata tetep semangat belajar dengan ibunya...

      Hapus
  6. Navaro dulu masuk Paud dulu mak usia 4 tahun.. karena di rumah dia gak punya teman. Jadi tujuan saya masukin dia Paud supaya dia bisa punya temen. Hehehe Dirumah pun gak papa mak sama mamanya. Yang penting hepi ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak, soalnya juga pengalaman waktu dulu ngajar, kalo ngajarin anak sendiri lebih tau kemampunnya, jadi sambil fun saja...

      Hapus
  7. iya mba, lebih enak dan gak apa2 juga nyekolahin anak di usia 7 tahun. Malah anak pastinya udah siap banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. aseeek, dapat dukungan, cuma kadang telinga suka nggak kuat mbak...

      Hapus
  8. Salam kenal mba, umurnya tata cm beda sebulan sama kanaya, dan aku pun berencana memasukkan kanaya sd saat menjelang 7 tahun, meskipun skrg dia sdh bisa membaca kalimat sederhana. Hampir semua guru dan teman bilang tahun depan langsung masuk sd saja, tp saya kekeuh tahun depannya lg aja spy dia lebih matang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya dengan kemampuan tata saat ini yang juga sudah bisa baca dan bisa berhitung dibanding anak seusianya, saya kadang juga agak tergoda mbak, tapi alhamdulilah suami selalu mengingatkan, ini juga nulis biar nggak merasa sendiri...

      Hapus
    2. saya baca tulisan mamanya Tata ini juga jadi merasa ada temannya... hehehe

      Hapus
    3. sudah tak foll blognya mbak... semoga bisa berbagi cerita...

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too