everything

Selasa, 03 November 2015

Cepat Membaca Karena Buku Cerita

Ada hal yang membuat saya senang sekali akhir-akhir ini ditengah hiruk-pikuk diri saya menghadapi trimester pertama kehamilan yang aduhai, karena Tata sudah bisa membaca, apakah bacanya sudah lancar seperti orang dewasa?, belum lah, si mbak kan baru 5 tahun, maksud saya dia mulai bisa membaca kata dan kalimat yang sederhana  tanpa dieja, hanya lambat sesuai suku katanya.

Sebenarnya saya tidak terlalu intens mengajari Tata membaca, tapi dimanapun berada, yang ada tulisannya, saya minta Tata menyebutkan hurufnya, misal didepan toko, dibelakang mobil, kipas angin di depan tipi, merek kompor dan kulkas di dapur, pokoknya apa saja saya suruh dia sebutkan satu-satu hurufnya.

Hal lain yang yang membuat dia semangat belajar membaca adalah cerita majalah bobo, Judulnya " Ulang tahun upik", berpuluh kali saya harus baca cerita itu, saya sampai bosan, dia tidak, bahkan sampai beberapa dialog dia bisa menirukannya, sesekali saya mendengar dia sendiri bercerita dengan bahasanya sendiri tentang Ulang tahun upik ini, tapi tetap meminta saya membaca jika memegang majalahnya, sampai suatu hari saya bilang "makanya bisa baca, jadi bisa baca cerita lainnya", sejak itu lebih mudah mengajarinya membaca.

Kata dan kalimat sederhana seperti ini yang sudah bisa dibaca tanpa di eja.


i bu  

a di

bu de

se pe da

ce me ti

se pa tu

me na ri

ke la pa

bu di   su ka   bo la

bu de   be li    sa wi

a ni    ba ca   bu ku

Untuk kata yang 5 huruf seperti se-bab, ma-kan, mi-num, ka-pan, ke-nyang, pi-sang terkadang masih harus dieja dan diulang. oh ya, saya tidak punya waktu khusus membuatnya mau membaca, tapi saat ini beberapa buku Lancar Membaca untuk TK dan SD 1a dan 1b sudah selesai dibacanya, jika semua halaman sudah dibaca, maka dia akan minta belikan buku yang baru. Saya juga membelikan buku dongeng yang pendek, dia akan mengeja sendiri kata yang dia suka. Sekarang dia asyik dengan tasnya yang berisi majalah bobo dan aneka buku lancar membaca sampai keberatan menyandangnya.









http://enciharmoni.blogspot.co.id/2015/05/mengenalkan-huruf.html

21 komentar:

  1. ha ha saemangat dedenya ya mbka, semoga makin pinter

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih om, anaknya semangat, ibunya lebih semangat lagi...

      Hapus
  2. ini manfaat nyata dari membacakan cerita anak ya mak...aku juga lagi di fase yang sama untuk Obi nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak indah, ini diluar perkiraan saya malah, yang penting sih tertarik dengan membaca...

      Hapus
  3. saya jg lg (belajar) konsisten sama yg kecil (4 th) utk membaca walo dia ga langsung inget, biasanya sehabis magrib kami langsung tutup gadget, dan membaca buku/quran

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu 4 tahun tata masih agak susah, tapi belum 3 tahun adiknya sudah suka minta bacain majalah atau buku kakanya, mungkin sih karena melihat mbaknya itu...

      Hapus
  4. waaah kece...skrg raffi masih suka baca angka dan huruf
    ada huruf apa pasti dibaca..aku juga lagi berusaha sering baca buku cerita.. walau konsennya raffi bentar ...hikz

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang gitu mbak, jangan berharap anak-anak akan konsen lama, kalo saya sih kapan saja dan dimana saja...asal lagi baik moodnya, pada waktunya akan semangat sendiri...

      Hapus
  5. Banyakin lagi majalah bobonya kali ya, biar Tata makin semangat belajarnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. langganan mbak, tapi cuma sebulan sekali..., itu juga kadang cuma diliat gambarnya, ato sebagian saja yang dia tertarik baca...

      Hapus
  6. untuk mengajarkan anak memang perlu trik khusus ya mba salah satu nya di belikan buku dongeng biar anak semangat buat belajar
    saya belum punya anak, tapi dari postingan ini jadi bisa belajar kelak nanti kalo udah punya anak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga berrmanfaat...salam kenal...

      Hapus
  7. jadi keinget Kanaya, dia bisa membaca sederhana juga karena rajin dibacakan buku, jadi rasa penasaran ingin bisa membaca sangat kuat. Good job mbak Tata

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, pengalaman yang sama rupanya...mkasih kanaya...

      Hapus
  8. anak ku juga begitu. setiap hari diajak ngomong aja. jadi cepat bisa ngomong walaupun sepatah2

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak..., tata dulu lama bisa ngomong, sekarang mah nynyir ampun...

      Hapus
  9. waaa sedang tm1 juga,, Tata mau punya dedek.. ihh senengnya kalo anak uda bis abaca gitu ya mba....

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng banget mbak, apalagi kita sendiri yang ngajarin...merasa ibu terhebat didunia...hahaha

      Hapus
  10. Tata udah mau punya adik lagi nih :D
    ternyata membacakan buku cerita pada anak banyak manfaatnya juga yah mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mau tambah satu lagi adiknya...banyak sekali manfaat membaca, makanya sedari kecil harus di stimulasi biar ntar sampe gede suka membaca...

      Hapus
  11. Sama kayak waktu aku TK dulu tiap pelajaran membaca disodorinnya kayak majalah bergambar gitu sama bu guru hihihi...

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too