everything

Kamis, 14 Agustus 2014

Panti Asuhan Aisyiyah Muara Bungo



Salah satu panti asuhan yang cukup sering saya lihat adalah panti asuhan Aisyiyah Muara Bungo, tiap kali pergi ke Padang, Sumatera Barat, saya pasti melewatinya, panti ini terletak di Jl. Lintas Sumatera Km 4 Muara Bungo, Jambi. Panti asuhahan ini salah satu dari sekian banyak panti asuhan dibawah naungan Muhammadiyah.

Jumlah anak asuh dalam panti ini keseluruhan adalah 155 orang yang terdiri dari 82 pria dan 73 wanita, namun tidak semuanya tinggal di panti karena beberapa anak asuhnya bersekolah diluar muara bungo.

Penghuni panti asuhan ini terdiri dari 55 orang anak yatim,  13 orang  anak piatu,  5 orang anak yatim piatu, 71 orang anak miskin/kurang mampu dan  11 orang anak terlantar. Jika digolangan dalam tingkat pendidikan  penghuni panti ini  sebanyak 55 orang mengikuti pendidikan dasar, 58 orang mengikuti pendidikan di tingkat SLTP dan 18 orang bersekolah di tingkat SMA. Ada juga yang sedang kuliah di luar  kota.

Menurut pengelola panti ini, dibutuhkan sedikitnya 30 juta rupiah untuk mendanai keseluruhan aktifitas panti  artinya kalau di rata-ratakan  tidak sampai Rp. 200.000,-/anak/bulan (bayangkan berapa biaya anak kita perbulan/orang)  biaya ini meliputi  biaya makan, biaya transportasi sekolah karena anak asuh tingkat SMP dan SMA bersekolah diluar panti,  biaya alat  tulis anak-anak, biaya guru yang mengajar anak SD dalam panti,  biaya guru mengaji, biaya listrik  dan lain-lainnya. 


Keadaan panti secara umum cukup luas, sangat jelas berbagai fasilitas kurang memadai, bangunannya tampak tua dan tidak terawat, catnya sudah pudar dan sebagian mengelupas, beberapa bagian atap bangunan mulai berkarat dan miring, sebagian jendela tidak lagi  berdaun, hanya tinggal teralis saja. 


Panti asuhan ini menerima berbagai bentuk bantuan, mulai dari bahan pangan seperti beras, minyak, bahkan sayuran, uang, material bangunan, pakaian, sapu, cangkul, alat sekolah serta berbagai penunjang kegiatan anak-anak panti.




Nah temans…. mungkin ada yang bingung dimana mau mendonasikan sebagian rezeki,  mungkin punya niat menyumbang atau bersedekah, mungkin ingin mengalihkan biaya acara ulang tahun anak, sunatan atau apalah, atau yang punya usaha ingin mengadakan kegiatan CSR, ulang tahun kantor dan lainnya,  panti asuhan ini bisa jadi destinasi, karena jelas dari gambar yang tampak, panti asuhan ini masih banyak membutuhkan uluran tangan kita, sehingga anak-anak yang tinggal didalamnya bisa  hidup dengan lebih nyaman, senyaman anak-anak kita dirumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too