everything

Rabu, 27 Agustus 2014

Fibroadenoma Mamma (Tumor Jinak)

sumber disini

Sebenarnya saya menyadari bahwa ada benjolan di payudara saya sejak SMA, tapi karena pengetahuan yang sempit dan menyadari orang tua saya bakal kesulitan membawa saya berobat, akhirnya saya menyembunyikan saja temuan saya ini.

10 tahun kemudian, saya memberanikan diri untuk periksa ke dokter, alhasil langsung disarankan untuk diangkat alias operasi, deger kata "operasi" saya pastinya takut banget, tapi dari seputar informasi yang saya peroleh, jika dibiarkan akan semakin parah dan bisa berujung kematian..... oh no...saya  belum siap mati..., apa lagi sepupu saya sendiri meninggal dunia karena penyakit semacam ini, sepupu saya berobat alternatif dengan diurut (padahal kata dokter kalo ada benjolan jangan sering disentuh, karena makin cepet membesar) dan minum aneka jamu-jamuan, akhirnya benjolan itu pecah dan sepupu saya meninggal....


Akhirnya dengan proses yang tidak terlalu panjang,  benjolan di payudara saya diangkat,  yang dulunya hanya di sebelah kanan, ternyata di sebelah kiri juga ada, jadilah keduanya diangkat, kata dokter bedah saya masih bisa tumbuh juga walaupun sudah diangkat...(maksudnya yang diangkat cuma benjolannya saja ya, segede telor puyuh dan segede telor cicak).


Nah ternyata, benjolan itu adalah tumor jinak, namanya fibroadenoma mamma atau FAM ( bagus banget nama penyakitnya ya...), tumor jinak ini, memang tidak berbahaya, tapi kalau dibiarkan  terus dan semakin besar maka dia juga  bisa menjadi ganas. meskipun persentasenya sangat kecil hanya 0,5 % - 1 %.


Tumor sebenarnya adalah pembengkakan yang disebabkan oleh inflamsi atau peradangan  pertumbuhan jaringan yang abnormal didalam tubuh. Tipe tumor berdasarkan pertumbuhannya dibedakan menjadi tumor ganas dan tumor jinak sedangkan kangker adalah istilah untuk segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau migrasi  sel ke tempat jauh (metaststis). pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, dan bahkan menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa buah mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kangker. Mutasi-mutasi tersebut sering disebabkan agen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. Mutasi dapat terjadi secara spontan ataupun diwarikan (mutasi germline).


Jadi jika kita merasakan sesuatu yang berbeda pada payudara kita, segeralah berkonsultasi pada dokter, karena tumorpun jika dibiarkan akan menjadi ganas, jangan takut.....karena pada awalnya dalam pikiran kita kelainan di payudara pasti kangker, ternyata tidak, kangker berbeda dengan tumor. Belum lama ini, tetangga saya juga terkena kangker, sampai harus diangkat, sehingga harus kehilangan sebelah payudaranya dan menjalani kemoterapi beberapa kali, beliau sudah lama tau, tapi takut untuk berobat sampai akhirnya terasa sakit, baru dibawa kedokter. Nah temans.....Semakin cepat terdeteksi, semakin cepat diobati maka resiko terburuk akan semakin kecil...




sumber :http://doktersehat.com/perbedaan-tumor-dan-kanker/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too