everything

Selasa, 18 Oktober 2016

Me Time

Punya 3 anak yang semuanya masih kecil itu, waktu 24 jam sehari terasa begitu singkat, kayaknya baru melek mata, eh taunya sudah malam pulak. Pekerjaanpun seperti tidak pernah rampung-rampung, ada saja yang harus dikerjakan. Baru saja nyapu lantai dan beresin mainan, beberapa menit kemudian mainan sudah berserak lagi plus remahan makanan dimana-mana, nyapu lagi. Baru juga cuci piring dan teman-temannya, sebentar kemudian banyak lagi piring dan aneka wadah yang kotor buat mainan air, atau apalah, cuci lagi. Begitulah kira-kira pekerjaan ibu-ibu dirumah, tampak sepele, tak menghasilkan uang tapi tiada habisnya.

Kalau dilakoni dan dipikir serius segala aktifitas rutin ini yo iso gilo, makanya ketika anak tidur, baik tidur siang atau malam, langsung ngerjain sesuatu yang bikin seneng hati, me time gitu loh. Me time itu momen penting bagi tiap orang untuk beristirahat dari aktifitas sehari-hari dan menyediakan waktu bagi diri sendiri. Bukan untuk suami bahkan anak-anak. Tanpa meluangkan "me time" seseorang bisa jadi lebih mudah lelah, bad mood, wajah kusam, bosan hingga merasa tertekan (wajah kusam? oh my ....., pentingnya me time sama kayak lotion pencerah wajah, eh anti aging). Eits, me time ini juga bukan melulu para wanita ya, laki-laki butuh me time juga.

Menurut Ayoe Sutomo, M.Psi sebuah kegiatan bisa dikategorikan me time jika memenuhi empat manfaat ini jika anda melakukannya yaitu :

1. Bisa memahami diri sendiri jadi lebih mendalam dan lebih baik. Anda jadi pribadi yang lebih baik, memandang segala sesuatu dan optimis serta siap menghadapi tantangan hidup yang menunggu didepan.

2. Meningkatkan mood, merasa bahagia dan sejahtera tanpa ada rasa bersalah. Jika anda merasa menyesal karena telah menghabiskan uang berlebihan hanya untuk belanja pakaian (yang awalnya dimaksud untuk me time) maka waktu yang anda luangkan tadi tidaklah berguna.

3. siap berkomunikasi dan berinteraksi dengan lebih baik terhadap lingkungan. Baik lingkungan keluarga, tetangga, teman maupun kerja.

4. membuat kondisi mental jadi lebih baik, Jauh dari stres, kesal, marah atau uring-uringan, memandang hidup jadi lebih positif.


Nah kalau buat saya sendiri, me time itu sederhana banget, begitu anak tidur langsung do something yang bikin seneng misalnya :

1. Olahraga, semacam jejingkrakan (senam) didepan kaca, lari-lari kecil, sit up,  atau ngontel sepeda ini lumayan rutin saya lakukan, ngontel sepeda selama 30 menit, membakar sekitar 150-170 kalori, lumayanlah menjelang todi bangun saat tidur dipagi hari. Sementara si toriq kasi aja sepiring makanan sambil nonton film kartun.

2. Internetan, misal buka facebook, baca timeline itu asli menyenangkan, apalagi yang lucu-lucu, kadang sampai sore masih senyum-senyum sendiri mengingatnya. Blog walking juga sangat menyenangkan, bisa dapat banyak info penting, kadang juga baca serunya kegiatan sehari-hari dari para ibu yang kejadiannya sama dengan yang kita alamai, jadi tidak merasa sendirian. Ngisi blog, sesekali saat ide dikepala serasa meletup2, bisa dituliskan, sapa tau bemanfaat, nulisin perkembangan anak, biar kelak anak tau apa yang dilakukan ibunya kala mengasuh mereka.

3. Nonton TV, nonton berita, mata najwa, kick andi ato ilc, bikin lupa semua gawean. Biar gak ketingalan topik2 kekinian yang lagi heboh kayak kasus dimas kanjeng, aa gatot, mario teguh, pilkada DKI, haduh seru dan bikin gemes, hihihi. 

4. Sesuai bacanya, m-i  t-i-m-e, artinya waktunya makan mi, hahaha, bolehlah ya seminggu sekali makan mi sedaap rasa soto (bukan mi yang iklannya neng syantik sambil berdecak-decak, melet-melet itu ya, pernah nyoba kok rasanya malah aneh dilidah ...hekekek). Mienya pake rawit, tomat, telor dan beberapa lembar sawi, rasanya uenaak tenan. Ini biasanya malam hari, makannya sepiring berdua sama mantan. Di sini kalo beli  mie instan kayak maling, diam-diam terus diumpetin dalam plastik hitam biar gak konangan ma tata n toriq.

Nah itu me time saya, soal memenuhi kriteria 4 kayak kata mbak ayoe diatas apa nggak embohlah, yang penting saya hepi saja. Mau me time yang plesir-plesir, shoping, nyalon, ngafe wes gak masuk itungan, sebab yang namanya keluar dari rumah ya harus berlima, jadi malah bukan me time. 

sumber http://wolipop.detik.com/read/2013/10/31/180751/2400954/1135/pentingnya-punya-me-time-bagi-wanita-agar-jauh-dari-stres 

16 komentar:

  1. Perlu me time, untuk lebih semangat lagi ya mbak. Me time nya saya sederhana aja, mandi tanpa buru buru tapi biasanya jarang banget krn langsung digedor anak, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mandi secepat kilat mbak, suka heran dengan orang yg mandinya lama, hahaha

      Hapus
  2. hahaha makan mie mindik2 itu aku mbak.. secara emang susah me time klo anak2 blm gede2

    BalasHapus
    Balasan
    1. toss lah, kirain saya saja maling2 makan mie, kalo anak masih kecil me timenya cukup di rumah saja mbak...

      Hapus
  3. me time saya cek postingan ig mbak, sambil bobo hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ig ku gak tau di liat mak, gak kober....

      Hapus
  4. Me time gak harus keluar rumah ya? Saya Nonton film atau drama aja udah bahagia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, keluar malah gak me time, kalo gak dibawa gak juga bisa konsentrasi

      Hapus
  5. Nanti kalau anak2 sudah pada besar... banyak deh me time nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitu ya mbak, gak sabar menunggu mereka besar.

      Hapus
  6. butuuuuuh bgt me time tiap ibu ya. tapi kalo ga ada anak sejam aja kangenn, gimana atuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya saya me timenya di rumah aja mbak.

      Hapus
  7. Samaaa...saya juga kalo keluar seringnya ber4....klo pergi sendiri atau berdua ma suami rasanya jadi aneh...

    Me time ku...nonton tv mbak...sambil berdoa..mugo2 ndak di sabotase anak
    .😀😀

    BalasHapus
  8. Jadi seorang ibu yang punya anak masih berusia kecil pasti sangat repot sekali ya mbak dan juga susah untuk mendapatkan me time, tapi kalau saya mah saling membantu saja pasti terasa ringan dan menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua kerjaan di rumah ini gotong royong kang, pak bojo malah kebagian umbah2.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too