everything

Jumat, 24 Mei 2013

Ujian Nasional

Ini hanyalah sepenggal curhat saya, menyikapi soal UN yang baru2 ini dilaksanakan, baik tingkat SLTA, SLTP maupun SD...tidak ada modus apapun, atau ingin mempolitisasi...
sebenarnya, jujur saja, secara pribadi saya sangat tidak setuju dengan adanya UN seperti saat ini, UN yang hanya 4 hari, dilaksanakan, menentukan kelulusan, belajar selama 6 tahun untuk SD, 3 tahun untuk SLTP dan SLTA kelulusanya hanya di tentukan oleh beberapa mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, IPA dan B.Inggris.....soal yang harus dikerjakan pun seluruh Indonesia sama....
Pertanyaanya....bagaimana dengan anak yang benar2 tidak suka matematika...(saya selama 2 tahun menjadi tentor matematika di sebuah bimbel dikota saya, dan 3 tahun mengajar Matematika di sebuah SMP negeri), mereka benar2 tidak bisa mengerjakan soal standar UN, jangan soal UN sekedar kali mengali saja banyak yang kesulitan....memang sih ada juga yang mampu mengerjakan soal2 UN tersebut, tapi dari 30 siswa dalam 1 kelas, mungkin hanya 3 orang yang bisa mengerjakann soal tersebut... artinya hanya 10 % saja....belum lagi mata pelajaran lain... seperti B Inggris yang di UN kan di tingkat SLTP, untuk siswa2 di daerah terpencil, mungkin hanya tau yes or no....(kebetulan saya tinggal di Kabupaten, yang daerah terpencilnya masih sangat banyak, dan suami juga adalah English Teacher jadi sering denger curhat my hubby)  soal  latihan yang di bahas pada hari ini, di buat jadi soal ujian semester, itu ga juga bisa di jawab.. bayangkan......
peserta didik tidak hanya dia ajarkan  mata pelajaran yg di UN kan, tapi masih ada beberapa pelajaran lain lagi yang menurut saya juga penting, bahkan sangat penting, seperti pendidikan Agama, keterampilan,  PKN, (jaman saya dulu PMP alias pendidikan moral), sekarang kita bahkan sering melihat anak2 yang etika, sopan santunnya jauh menurun....
Dan yang lebih membuat ajaib....begitu kelulusan diumumkan, kok bisa  setiap sekolah lulus 100%. hebaaat....kalupun ada yang ga lulus, biasanya cos ga ngikutin ujian ato apalah...
anehkan .....makanya saya tidak setuju sekali ada UN, cos mungkin sangat penuh dengan kecurangan yang terselubung dan terorganisir......ngeri ya.... saya membayangkan bagaimana kalo nanti anak saya ikut UN.....trus bagaimana dengan generasi ini, yang dari masalah lulus sekolah saja sudah harus berbuat curang...bagaimana nantinya jika bekerja....ngerikan  membayangkan dampak besar akibat dari hal ini.....
(di acara KICK Andy beberapa waktu yang lalu di bahas)
Belum lagi proses pelaksanaan UN  yang taun ini amburadul... ga ngerti saya, sebagai orang kecil, ibu rumah tangga, saya hanya bisa berharap saat anak saya nanti sekolah, keadaan jauh lebih baik..
Dan kemaren, pengumuman kelulusan... AMAZING...... tingkat kelulusan nasioanal  99,48 %..... ini kan PERTANYAAN besar..... KOK BISA ya...ini sebuah kesuksesan ato sebuah bencana nasional..
 saya yakin kalo bener2 jujur di laksanakan, tingkat kelulusan 50 % nasional saja sulit sekali tercapai, mungkin hanya 30 %.....
Tapi dengan semua realita ini, kok sepertinya Presiden, Mentri dan semua yang berwenang tutup mata n telinga ya,,,,ato belum barangkali (berusaha optimis) atau saya yang tidak tau ya... saya kuatir, terlalu lama hal ini di biarkan, akan membuat kualitas pendidikan di negara ini semakin anjlog.....bagaimana nasib anak saya nanti... dan generasi2 berikutnya...

Ayo donk... bagaimana menyelesaikan masalah ini...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too