everything

Senin, 11 April 2016

Jajanan Nyebelin

Jajan, anak kecilpun tau banget dengan kata-kata ini, sebenarnya saya paling sebel kalau anak njajan, tapi ya gimana lagi ya, sulit banget untuk sama sekali tidak njajan ini. Kenapa tidak boleh jajan?, bukan tidak boleh sama sekali, tapi sering kali anak-anak ini beli jajanan yang menurut standar kita para orang tua tidak baik buat kesehatan. Apalagi kami tinggal di pinggir jalan raya, dimana aneka jajanan yang menggoda selalu lewat berganti-ganti. 


Jajanan pertama yang saya tidak suka jika anak saya beli  adalah minuman jenis sachetan yang ditambah air plus es batu dan  aneka minuman gelas-gelasan. Pernah anak saya beli pas saya cicip, alamak manisnya minta ampun, sampai terasa gimana gitu di leher. Ada juga beraneka es-esan yang warna-warni semacam es lilin dengan aneka pilihan rasa, harganya sih memang sangat murah, karena manisnya itu anak-anak jadi sangat suka dan ketagihan.



Biasanya anak saya masih bisa di bujuk, kalau saya bilang itu tidak baik, biasanya dia akan berargumen, 

"mbak sely minum es itu boleh bu", maka saya akan bilang 
"nanti kalau tata sudah sebesar mbak sely itu, baru boleh", anak salon yang pada beli dimarahin, kalo beli tidak boleh didepan anak-anak-anak. Berhasil hari ini.


Besoknya tiba-tiba pulang minta duit, mau beli es itu lagi, saya bilang, 

"kan masih kecil, belum boleh" dia langsung menjawab, 
"itu tadi si A beli, masih kecil kok boleh?". Si A adalah anak tetangga yang umurnya baru 3 tahun, haduh, cari akal lagi 
"es itu manis banget nak, nanti mbak tata batuk, mbak tata anak pintar kan, nanti kita beli sirup saja ya". 
"Si A tidak pintar ya bu"
"iya..." #didampratibunya.


Jajanan kedua adalahan jajanan yang bungkusnya seperti telur, separo berisi susu dan coklat, separo lagi isinya mainan sekuti-kutil, menurut saya harganya mahal, belum lagi benda ini selalu nagkring tepat didepan kasir minimarket yang sudah ada sampai kepelosok desa itu #cobatebak. Teman saya bilang anaknya tiap hari beli itu, pernah juga sekali beli karna sama bapaknya 10 biji #pengsan. Tapi syukurnya anak saya masih bisa di bujuk dengan jajanan yang lain, kalau kata Thoriq.

"Jangan beli itu mbak tata, itu pait, mahal, nanti duit ibu habis" itu pasti ajaran saya yang kurang tepat kan, tapi itu cukup ampuh kok, biasanya di ganti susu kotak, es krim atau biskuit sudah mau, lumayan lebih mengenyangkan.

Begitulah ya, anak kecil sekarang  ini sudah pintar sekali berargumen, kadang membandingkan dengan temannya. Sering kali jengkel juga saat sudah tidak kuasa membujuk mereka, menyalahkan anak orang kan tidak bijaksana, saat kita berusaha membujuk anak untuk tidak beli, tau-tau dengan sukses temannya lewat menikamati jajanan itu, tentu hati jengkel bukan main, tapi telen saja sendiri. Memberi pengertian sampai sengerti-ngertinya pada anak sendiri itulah tugas kita dan swear... itu berat banget.












5 komentar:

  1. haha...iya mbak. tapi bener kok dengan cara memberi tahu yang sesungguhnya tentang pemanis, pewarna dll itu anak malah jadi belajar untuk bisa memilih sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus bener ya mbak ngasi alasannya, karena bakal sampai besar di ingatnya....

      Hapus
  2. Kalau tidak di turutin mbak nantinya anaknya nagis mbak, bingung juga kan ...

    BalasHapus
  3. Kalo gw dulu jaman kecil demen nya jajan anak mamie

    BalasHapus
  4. setuju mak, makanya saya ga mengenalkan uang pada anak saya, jajanan pun sudah saya sediakan, jadi dia tinggal makan yang sudah saya belikan jadi lebih terpantau apa saja yang masuk ke perutnya. Kalau dia lihat iklan di TV dan tergiur, biasanya dia minta ke saya, kalau saya ijinkan, saya ajak ke minimarket untuk membeli tentunya harus bersama saya :D

    The Journey

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too