everything

Senin, 05 Desember 2016

Gagal Diet GM

Sejak habis lahiran anak ke-3 sampai si baby hampir umur 8 bulan ini, berat badan saya masih diangka 51 kg lebih, kalo belum makan bisa lah 51 kurang tapi kalo dah makan bisa jadi 51 lebih  (seng diemplok opo?). Harapannya sih timbangan di rumah salah, tapi waktu ada sensus gizi apa gitu, petugasnya bawa timbangan digital, ternyata ya emang bener BB saya 51,7 kg, huh sebel.

Sebenernya saya termasuk agak beruntung dibanding beberapa ibu menyusui yang lain, dimana berat badan mereka tetap sulit turun pasca melahirkan, sementara saya kalo hamil naik sampai 13 kg, lahiran 3 bulan juga dah susut 11 kg. Tapi saya tetep pingin bb kayak waktu belum punya anak, alias kurus, alias langsing #citacita.

Keinginan untuk kembali bisa memiliki bb seperti sebelum hamil anak pertama semakin kencang dibenak saya. Nah pas lagi semangat gitu liat pula ditimeline tentang diet GM alias General motors diet yang cuma enam hari. Batin saya halah, bisalah ini wong cuma enam hari, mana boleh makan sampe kenyang, intinya gak bakal kelaparan. Saya sih sering uji coba diet, tapi ya itu suka gak sabar dan gak kuat liat orang disekitar maka enak, yang ini kayaknya mudah dibanding yang lain, kayaknya loh ya.

Sebenernya saya sih gak gemuk, cuma ya gak langsing-langsing amat, halah. Cuma yang namanya berat badan sudah mencapai 50 plus satu itu cukup merisaukan (kalo pemungutan suara itu padahal menang ya). Dengan tinggi yang tak perlu disebut, bb saya sebaiknya dibawah 50 kg lah.

Sebelum memulai diet, saya juga sudah membaca beberapa testimoni tentang diet fenomenal ini, mempelajari dengan sunguh-sunguh apa yang harus dijalani. Dalam seminggu itu bisa turun 3-4 kg, saya gak senafsu itu lah, cuma pengen nurunin 2 kg saja. Lagipula diet ini boleh dilakukan oleh ibu yang sedang menyusui. pertimbangan saya juga si Todi dah mulai mpasi, jadi kayaknya semua oke.

Rencana melakukan diet hari senin depan, karena waktu semangat menyala-nyala itu pas hari senin juga, kebetulan saya baru saja bikin cemilan, ntar sapa yang makan #hah. Trus sudah janji juga ma anak-anak mau bikinin soto hari rabunya. 

Saking sudah gak sabaran, usai menepati janji bikin soto, kamisnya mulai persiapan, belilah makanan untuk hari pertama yang direkomendasikan dalam diet ini, melon dan  semangka, pisang untuk hari keempat mumpung ada ditukang buah. Gak sabar juga nunggu hari senin yang keramat, jumatnya langsung mulai. Bismilah.

Hari pertama diet hanya makan buah, ah kecil yang penting masih boleh makan dan tidak dibatasi, monyet saja makan buah tiap hari masih bisa jejingkrakan manjat pohon (emang lu monyet), hari itu saya hanya makan buah semangka dan melon serta minum air putih. Diet ini juga disarankan disertai olah raga, saya ngontel sepeda saja 20 menit, masih kuatlah olahraga ringan, kan baru mulai dietnya masih ada sisa energi kemarin kali.

Sampai malam masih kuat dengan tetap makan buah, si melon yang sekilo lebih itu ampir abis kayaknya, belum lagi semangkanya. Jam 4 pagi dah kebangun, perasaan lama banget malam itu, leher terasa kering mungkin saya kurang minum malamnya, mana menyusui juga. Rasanya gak sabar menunggu pagi hari yang artinya masuk kehari kedua dan boleh makan sayur, kentang atau jagung dibolehkan, jadi menurut saya juga masih aman lah, menjalankan diet ini gak bakal mati.

Jam 5 pagi perut saya beneran keroncongan, mau makan buah lagi kok ya sudah masuk hari ke dua, untungnya di kulkas masih ada kentang goreng sisa sarapan toriq, eh anak saya itu emang sering sarapan kentang saja dua biji yang gede-gede digoreng, biasanya kalo sisa saya yang ngabisin. Berhubung kemarennya saya dah mulai diet so sisa kentangnya masuk kulkas. Makan kentang goreng dingin itu dah kayak orang kalap, padahal kentangnya gak enak blas, kaku.

Kebetulan juga pagi itu saya sibuk banget, ada kerjaan yang harus diselesaikan, jam 7 pagi keringat dingin ngucur deras. Saya sampai berbaring sejenak memjamkan mata, berdiri lagi, tetap pusing bahkan pandangan seperti berkunang-kunang, pusing kliyen gitu, saya terungkup sebentar di tempat tidur, berharap pusingnya segera ilang. Tapi suer, keringat dingin makin banyak, ah persetan dengan diet itu, saya langsung berusaha jalan dengan kepala pusing mencari makanan, untung ada krupuk seplastik, kalo tidak mungkin beneran saya semaput. 

Ohya, uji coba diet ini memang gak bilang-bilang sama suami, males aja bilang sama dia, nanti gak dibolehin atau diketawain atau malah nanti diiming-imingi makanan waktu menjalanin diet. Saya gak tau juga kenapa saya gagal menjalani diet ini bahkan baru di hari kedua. Padahal saya sudah optimis banget bakal turun 2 kg.

Intinya diet itu memang gak main-main ya, apalagi niatnya juga cuma coba-coba kayak saya, menjalani diet itu harus konsisten. Lagi pula tensi saya memang sering rendah, yang mana obatnya adalah makan makanan yang bergizi. Saya sih masih penasaran dengan diet ini, nanti kapan-kapan pengen nyoba lagi dengan persiapan yang lebih matang. 













2 komentar:

  1. Wkk..mbak.. Diet emang susah sih. Lagian 51 nggak gendut ah mbak. Aku nyoba diet food combine itu..lumayan berhasil sih mb. Lagian baru nyusuin..ntar klo lapar, asi dikit juga

    BalasHapus
  2. pernah juga nyoba fc, gak kuat berpisah dengan nasi mbak, jangka panjang gitu suka bosan, pan makanan enak-enak mbak, hahah

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too