everything

Kamis, 06 Februari 2014

Makanan Favorit dan Palm Sugar


Saya adalah keturunan Jawa yang lahir dan di besarkan di Jambi, jangan bayangkan daerah Jambi itu dipenuhi suku anak dalam ya...?.  populasi penduduk Jambi beragam dan yang terbesar adalah suku Jawa, di tempat tinggal saya, lebih 50 % populasinya adalah orang Jawa, karena itulah sayapun sangat terbiasa dengan olahan makanan yang serba manis, bahkan masak  sambalpun tetep pakai gula.

Saking hobinya, saya  sering banget bikin cemilan makanan manis seperti bubur kacang hijau campur ketan, bubur sumsum, kolak, padamaran, bolu, kue bugis dan kue tradisional lainnya. Beruntungnya   suami  juga asli Jawa, jadi tidak  masalah banget dengan selera makan, semua sudah hampir sama, lagipula suami tipe pemakan segala, apa yang saya masak, dia oke-oke saja, salah satu favoritnya adalah bubur ketan itam yang dicampur dengan kacang hijau atau kacang merah. Dua minggu sekali saya buat makanan yang satu ini, kebetulan anak kedua saya doyan banget dengan bubur ini, sepertinya buah jatuh tak jauh dari pohonnya, anak saya suka makanan yang manis-manis juga.

Bubur ketan hitam + kacang merah favorit 

Kolak duren + ketan 

Sebenarnya saya sempet kuatir dengan hobby mengkonsumsi makanan manis, meskipun kami  tidak pernah ngeteh atau ngopi, karena setau saya banyak mengkonsumsi gula identik dengan diabetes.  Tapi sekarang saya gak kuatir lagi, karena kebanyakan makanan yang saya buat menggunakan  gula  merah sebagai pemanisnya.  gula merah yang saya pilih adalah gula aren, kenapa gula aren, karena rasanya lebih mantap untuk semua olahan panganan.

Gula aren  adalah gula yang terbuat dari nira yang berasal dari pohon enau (Arenga pinnata),  gula aren juga sering di sebut palm sugar. mungkin belum banyak yang tahu, kalau gula aren atau palm sugar ini adalah pemanis sehat. Gula aren juga mempunyai manfaat yang cukup banyak diantaranya adalah untuk mengobati rematik, masuk angin, kangker dan meningkatkan gairah bagi pasangan yang sudah mulai uzur.

Di daerah kami gula aren tidaklah begitu sulit di dapat, dijual dalam bentuk cetakan batok kelapa, yang merepotkan, tiap akan membuat makanan, saya rebus terlebih dahulu kemudian di saring, karena sering banyak ampas lain. Sekarang tidak perlu  repot lagi, Arenga Palm Sugar telah  menyediakan beberapa pilihan dari gula aren, ada yang berbentuk kristal atau gula semut sehingga mudah dicairkan, bahkan ada juga yang  berbentuk cair siap pakai. dengan Arenga Palm Sugar, makan tetap manis, sehat dan simple penggunaanya.



Foto








sumber :

 http://www.gulaarenorganik.com/2013/12/manggar-buah-aren-muda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too