everything

Senin, 06 Oktober 2014

Bendung Batang Hari

bendung yang indah, sayang dikepung kabut asap....

Salah satu obyek wisata yang bisa anda kunjungi  di daerah Darmasraya adalah Bendung Batanghari, bendung ini mulai di bangun pada tahun 1997 dan diresmikan oleh presin Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008. disebut bendung (weir) karena bendungan ini merupakan bendungan dengan struktur kepala rendah (lowhead dam) yang berfungsi untuk menaikan muka air yang akan digunakan untuk irigasi dimana wilayah yang akan diairi lebih tinggi.

Bendung ini merupakan proyek spektakuler pada masa  itu yang menelan biaya  kurang lebih 1,4 Triliun dan dikerjakan oleh  para ahli konstruksi dari Jepang. bendung ini memang cukup besar karena  mampu mengairi sawah ratusan ribu hektar  yang berada di sekitar Kabupaten Darmasraya dan sebagian wilayah Provinsi Jambi.


bendungan yang cukup luas kan....?


Dengan adanya bendungan ini, diharapkan potensi pertanian  didaerah Darmasraya semakin meningkat,  namun sepertinya warga sekitar yang dilalui jalur irigasi ini belum memanfaatkan secara optimal, beberapa petani  malah mengubah fungsi sawah menjadi perkebunan, kini telah banyak ditemukan sawah berubah menjadi kebun karet atau sawit. Sungai sepanjang bendungan inipun mulai dicemari oleh para penambang emas ilegal yang jumlahnya mencapai ratusan sehingga kualitas air irigasi ini mulai menurun.




bagian atas bendungan, bisa dilalui kendaraan...


Bendungan ini sangat indah jika di rawat dengan baik dan tentu memiliki manfaat yang sangat banyak, disamping pendukung sektor ekonomi, bendung ini juga dapat dijadikan obyek wisata yang cukup menarik, sayang sepertinya kurang perawatan sehingga tampak  sampah plastik bungkus makanan dan air mineral berserakan dimana-mana.





Sumber :

1. http://tukangbata.blogspot.com/
2. http://malaladot-com.blogspot.com/
3. foto : koleksi pribadi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too