everything

Senin, 02 Februari 2015

Cerita Tata

Usia Tata saat ini 4 tahun 4 bulan, Tidak masuk playgroup atau TK, karena my hush  tidak setuju jika tata sekolah diusia segitu, dia bilang mending saya saja yang mengajar di rumah (padahal you know, sama kayak ibuk-ibuk lain, saya juga gatal mau menyekolahkan Tata).

Jadilah saya  beberapa kali ngintipin komunitas homeschooling untuk anak seusia Tata, meskipun jujur saja gak melakukannya 100%, tapi cukuplah jadi patokan kira-kira apa saja yang kudu diajarkan diusia  4 tahun ini.

Tapi saya cukup gembira, ternyata kemajuannya cukup lumayan, saya tidak memaksa samasekali dia belajar yang duduk manis begitu, saya mengajari tata sambilan saja, misal pas mau tidur belajar baca doa tidur, alhadulilah sudah bisa, pas memakaikan baju, menngenalkan huruf yang gambarnya terpampang didinding rumah kami (ohya ada 10  lembar gambar yang terpampang di dinding, mulai dari angka, huruf, huruf hijaiya, nama binantang  sayuran, buah dan lainya).

Juga tidak ada waktu khusus samasekali, kadang bangun tidur dia langsung pegang pena dan mencoret-coret, kadang sambil menunggu saya membuat susu saya minta dia melafalkan huruf atau angka. Atau saya bertanya “mana buah semangka”, dan dia akan segera menunjuk gambarnya, jangan dikira hafal semua ya, ada beberapa juga yang dia tidak tau, minimal yang dia sering liat dia hafal namanya.

Sering juga saya ajak kepasar, dan tiap kali belanja saya sebutkan apa saja yang saya belil, sekarang kalau ditanya ibu beli apa kepasar, biasanya dia akan jawab “ beli cabe, tomat, telor, ikan, wortel….apa lagi buk….” Hahahah…..

Tata ini tergolong lambat berbicara, bahkan diusia dia sekarang bicaranya banyak yang belum jelas, huruf R juga gak bisa, yah saya gak terlalu yakin dia bisa sangat cerdas…..(sebab saya punya keponakan yang diumur setahun sudah cas cis cus bicara, dan  memang pintar sekali sampai sekarang), tapi  bukan saya menyerah donk, saya tambah optimis mengajarinya sendiri, bahkan sempat mikir tata homeschooling saja…#sok-sokan.

Alhamdulilah huruf hijaiyah sudah hafal, huruf abjad juga hafal….yang paling dia ingat menurut saya adalah angka, mungkin karena angka yang paling sering kami baca, dia bisa membaca angka dari 1 sampai 99 dengan bahasa inggris, itu sudah menakjubkan menurut saya sebagai gurunya.

Lagu five little duck yang liriknya five little duck went swing one day, over the hils and far away, mami duck said qwek-qwek, but only four little duck came back, dan seterusanya itu, sering di ubahnya menjadi twelve duck went swimming and back eleven, atau seventeen duck went swimming and back sixty, padahal saya gak mengajarkan, kadang saya dengan suami malah takjub sendiri dengan kemampunya improvisasi….hahah #lebai

Menulis juga saya hanya mengenalkan sampai 9, ternyata  dia bisa sendiri 10, 11, 12, 13 dan seterusnya…..kadang saya suka amazing sendiri, tapi sungguh sampai sekarang  saya belum serius mengajainya, karena dia masih suka bermain, jadi sambil bermain-main saja, misal dalam perjalanan melihat sapi, biasanya saya suruh hitung….entah mengapa tanpa saya sadari saya kok lebih sering mengenalkan angka ketimbang huruf….walau gak pinter-pinter banget, saya suka banget pelajaran matematika dan fisika, imbas kali ya….

Jangan dikira yang dicapai saat ini bisa didapat dengan cepat ya…tidak, saya berusaha untuk tidak bosan saja mengenalkan berbagai hal, mengenalkan banyak hal berulang-ulang saya mengikuti saja apa yang ingin dia lakukan, mungkin tata tidak sehebat anak-anak di luar sana yang seusianya, but always….she is my moon.

see....gayanya...

ambil bunga lalang

main di sawah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too