everything

Selasa, 25 Agustus 2015

Ketika Ibunda Sakit

sumber : moeflich.wordpress.com
Beberapa waktu yang lalu saya menjenguk saudara yang sakit, sepertinya sakitnya lumayan parah sehingga harus di rujuk ke rumah sakit provinsi sebelah yang jaraknya kurang lebih 400 km. dari raut wajah ibu itu sungguh nampak wajah yang kesakitan, setiap kali bergerak, baik berusaha duduk atau miring, tampak meringis menahan rasa sakit. 

Beliau hanya memiliki seorang anak yang berusia sekitar lima belas tahun, seorang perempuan yang saat ini duduk di kelas 3 SMP, saat kami datang sang putri sedang tiduran dengan hp di tangan. postur tubuhnya tinggi,yang jelas lebih tinggi dari saya. tapi tampak sekali prilakunya masih sangat kanak-kanak, mungkin karena anak sematawayang. jaman saya bahkan kelas 3 SD sudah ditugasi menanak nasi, itupun menggunakan kayu bakar, apalagi kelas 3 SMP, urusan masak ibu saya sudah tidak tau menau. oh mudahnya masa kini bagi anak-anak.

Sang putri  tidak mau ikut menemani ibunya di rumah sakit tempat operasi esok, dengan alasan tidak bisa sekolah, saat kami semua akan pulang (kebetulan bareng dengan 2 adik iparnya), si ibu menangis, meminta iparnya itu untuk ikut, namun karena si ipar juga memiliki orang tua yang sangat renta, tentu beliau tidak dapat menyanggupi, saya hanya mendengar cerita dari si iparnya saja. karena waktu itu saya keluar lebih dulu, anak-anak keburu rewel.

Sewaktu di rumah sakit tadi, si ibu sempat mandi, sayapun ikut membantu sebisanya, betapa repotnya orang sakit membuka baju, buka bra,  kekamar mandi, pasang baju lagi, membereskan pakaian yang berserak, memasang mukena (sholat hanya bisa sambil duduk). sungguh semua itu tidak bisa dilakukan seorang diri.

Sampai di rumah saya masih saja kepikiran soal ini, iya benar si suami/ayah anak gadis itu mendampingi, tapi satu orang saja menjaga orang sakit tentu tidak mudah,  ayahnya pasti akan sibuk mengurus berbagai urusan administrasi, belum lagi saat si ayah kelelahan. Saat kami bertanya apa anaknya tidak ikut, si ibu menjawab pelan "tidak mau" dengan muka yang menurut saya sedih.

Dan bukannya juga saat sang putri ada disebelah ibunya, mendampingi saat beliau sakit adalah salah satu obat mujarab, bukankah tertinggal pelajaran 1 minggu atau sebulan itu bukan suatu masalah demi menjaga ibu kita satu-satunya. Terlalu tinggikah harapan saya ini untuk anak berusia 15 tahun.... entahlah. Saya hanya manusia biasa, mungkin juga punya pemikiran yang salah, bagaimana menurut kalian....?.  









13 komentar:

  1. makasih sharenya..jadi kangen ibu yg dikampung halaman..kadang sakit belum tentu bisa aku dampingi T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, aku juga jauh dri ibu, kalo ada ibu2 tua yg sakit, langsung mrebes mili, mbayangkan kalo ibuku...

      Hapus
  2. Jd ingat wkt sy br duduk di klas 1 smu mak..ibu sy sakit dan hrs dirawat di rs sebln lbh...kr sy dan kakak permpuan sy yg ada dirmh (kakak laki2 kuliah diluar kota), kami berbagi tugas.. Kakak bergantian dg bpk menjaga ibu..sy bertugas dirmh smbl sekolah menjaga ke 3 adik sy dan kakek yg sdh sepuh..sy sgt kerepotan..tp dr itu semua sy bs membyangkan repotnya ibu mengurus kami ber-6... Mgkn sejak kcl km didik mandiri mk semua bs teratasi walo agk kelabakan.. Mgkn ibu itu salah dlm hal mendidik kemandirian & kepedulian ya mak..sedih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah yg saya rasakan mak, dan tidk ingin itu terjadi pada anak sendiri, alangkah sedih hati seorang ibu...

      Hapus
  3. Menurut saya harusnya si anak nungguin ibunya dulu ya. Urusan sekolah bisa minta ijin ke wali kelasnya,minta tugas jadi sambil nungguin ibu di rumah sakit bisa sambil belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sependapat, apalah arti rajin sekolah, nilai tinggi, hasil ujian tinggi, tetapi kasih sayang ke ibu tidak ditanamkan... sedih sekali

      Hapus
  4. artikel mbak menyentuh banget, jadi inget banyak dosa-dosa terhadap ibunda tercinta dan belum bisa membalas kebaikan hatinya hikss

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa bermanfaat, untuk saling mengingatkan bagaimana seharusnya berbakti pada orang tua, saya juga jauh dari ibu, sering merasa sedih...

      Hapus
  5. ibu saya sakit kanker saat saya duduk di bangku SMU kelas 1.setiap hari saya memandikan ibu dan membersihkan luka di telinganya. itu saja saya merasa kewalahan kalau tidak dibantu bapak. saking kewalahannya sampe masuk rumah sakit karena typus. memang merawat orang sakit itu ga cukup 1 orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak susan, merawat orang sakit pasti berat, tapi kita mesti ingat bahwa mereka dulu juga mengasuh kita dengan berat...

      Hapus
  6. saya jg kmarin2 br dpt pengalaman miris... anaknya (di jakarta) ga mau nengok ayahnya yg lg sakit (di surabaya), alasannya takut naik pesawat, pdhl sebelumnya habis dr bali dan naik pesawat...
    saya sering2 berdoa smoga saya dijauhkan dr sifat seperti itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, semoga kita dijauhkan dari sifat-sifat jelek, semoga kita selalu ingat untuk menyayangi orang tua kita...

      Hapus
  7. Sbnrnya si jalan tengahnya si anak bs izin seminggu selama ibunya di operasi ya. Dan hari Sabtu n Minggu bs jenguk ibunya. IMHO sekoah yg baik aka memberi kemudahan kalau anaknya pny keinginan. Saya jg anak tunggal Mbak. Ya mungkin tipe keluarganya beda ya. Cm sbg anak tunggal sampai sekarang msh suka kepikiran orang tua kalau pas ikut suami tugas jauh.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too