everything

Kamis, 21 Mei 2015

Menara Gentala Arasy, Ikon Baru di Kota Jambi



Menara Gentala Arasy, tempat yang sedang fenomenal banget di kota Jambi, setelah tanggal 28 maret kemarin diresmikan oleh Wakil Presiden RI yaitu Bapak Yusuf Kalla dan beritanya yang heboh baik di media cetak maupun media sosial, akhirnya  saya berkesempatan mengunjungi ikon kota Jambi ini pada hari minggu kemarin.


Menurut gubernur Jambi, Menara Gentala Arasy yang dilengkapi jembatan sepanjang 503 m dan lebar 4,5 meter ini mulai dibangun sejak pertengahan tahun 2012 dan  menghabiskan dana sebesar 88,7 milyar, anda bisa berkunjung ke Menara Gentala Arasy dari 2 tempat yaitu dari Ancol yang berada didepan  depan rumah dinas gubernur, atau melalui seberang yaitu melewati jembatan  aurduri terus keseberang sampai di kawasan Taman Tanggo Rajo, dimana kawasan ini merupakan kawasan cagar budaya.


Pada kesempatan kemarinpun, kami sengaja  melihat langsung dari seberang,  sehingga kami langsung dapat melihat Menara gentala Arasy yang  tingginya mencapai 70 m dari dekat, pada  dasar menara terdapat museum yang bercerita tentang sejarah masuk perkembangan agama islam ke kota Jambi, kemudian anda dapat naik pada ketinggian 25 meter untuk menikmati pemandangan kota jambi, saya tidak sempat naik karena hari sudah sore dan sangat ramai.


pas banget  sore hari...pemandangannya keren..

Jembatan berbentuk huruf S

tata dan kak lia..

pemandangan dari tengah jembatan...
Disekitar kawasan ini nantinya juga akan dijadikan sentra wisata kuliner Jambi yang katanya akan dilengkapi dengan floating restorant alias restoran terapung, setelah foto-foto bagian depan dan jembatan dari bawah, ternyata jembatannnya berbentuk huruf S, katanya lagi ini yang membuat unik jembatan ini dari jembatan lain, tuh  kerenkan. jembatan ini  dibangun khusus untuk pejalan kaki dengan konsep cable stayed/kabel penahan yang ditopang oleh dua buah tiang pancang setinggi 60 m.



Dari atas jembatan saya bisa menikmati pemandangan sekitar, melihat kawasan kota jambi tepatnya komplek pertokoan WTC, juga melihat aktifitas di suangai batanghari, pada sore itu banyak yang sedang latihan pacu perahu, juga dapat melihat daerah sekitar seberang.

Dengan adanya jembatan  pedestrian ini, memang saya melihat daerah itu menjadi lebih ramai, sehingga juga pasti berdampak positif pada warga sekitar, namun  tentu saja masih banyak kekurangannya, karena area parkir kendaraan roda 4 yang tidak tersedia, sehingga banyak yang parkir di pinggir jalan yang juga agak sempit.

Saya juga berharap  pengelolanya lebih memperhatikan kebersihan karena dilantai atas menara yang menuju kejembatan mulai banyak pedagang dan sampah berserak, bagi kita yang berkunjung juga hendaknya tidak membuang  bungkus makanan diareal jembatan. mari kita jaga Menara Gentala Arasy ini agar kota Jambi semakin dikenal, banyak dikunjungi dan membanggakan.


tempat santai-santai dihalaman depan

sapa yang buang sampah hayo....


Sumber :


1. http://tourismjambi.info/berita-221-menara-gentala-arasy-dan-jembatan-pedestrian----.html
2. Kompas.com
3. Foto pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too