everything

Jumat, 14 Juli 2017

Bumbu Dasar

Masak adalah salah satu kegiatan rutin yang sepertinya tidak bisa dipisahkan dari saya sebagai ibu rumah tangga. Sejujurnya, bagi saya memasak itu sesuatu yang sungguh menyenangkan. Kebetulan pula suami tipe yang sangat suka masakan rumah, kami termasuk yang jarang makan diluar atau beli, kecuali kepepet gak sempat masak. Kalo saya sih seneng masak alasannya cuma satu, tiada lain tiada bukan masak sendiri itu super duper hemat dibanding beli (tim hemat cermat dan bersahaja, tim irit medit, hahah).

Memasak itu yang paling ribet itu adalah nyiapin segala printilan sebelum aneka makanan mentah itu bisa plung kewajan, sreeeng. Misal mau tumis kangkung, artinya bawang merah putih, cuci lalu iris, trus siangin kangkung atau bikin ikan terong balado (halah, ngomong ae sambel), kupas bawang merah putih, pitilin cabe, blender.

Nah proses persiapan ini sungguh memakan waktu, masak jadi lama kalau semua printilan disiapkan saat itu juga. Apalagi saya yang masak sambil mengasuh 3 anak. Belum lagi mulai senin besok si mbak masuk sekolah, yang mana sekolahnya membawa bekal karena pulang jam 14.00. Artinya saya harus bisa masak lebih cepat dari sebelumnya. 

Sudah lama sebenarnya pernah baca ntah diblognya siapa tentang bumbu dasar, tapi kok nguap begitu saja, gak kepikiran nyobain bikin biar masak makin praktis. Setelah sering kalang kabut gini, apalagi terkadang anak saya suka mendadak minta bikin mie goreng lah, nasi goreng lah, telur gorenglah yang bisa dibayangkan kalo minta mendadak gitu, kadang sayanya juga lagi ada gawean, harus pulak ngupas bawang dulu, lamaaa. Akhirnya kemarin teringat bumbu dassar itu, yo wes googling resepnya Rudi Choirudin saja yang resepnya juga sering wara-wiri ditipi.

Ini ya resep bum
bu dasar pak Rudi Choirudin, kali aja ada yang mau buat

Bumbu Dasar Merah
400 gram Cabe merah
100 gram bawang merah
50   gram bawang putih
100 gram tomat (me : tidak pakai)
20   gram terasi  (me : tidak pakai)
100 gram gula pasir
15   gram garam
100 ml minyak untuk blender
100 ml minyak utuk menumis

Bumbu Dasar Putih
250 gram bawang putih
100 gram bawang putih
50 gram kemiri
3 cm lengkuas
2  sdt garam
2  sdt gula pasir
100 ml minyak untuk memblender
100 ml minyak untuk menumis

Bumbu Dasar Kuning
100 gram kemiri
150 gram bawang putih
500 gram bawang putih
25 gram kunyit
20 gram jahe
20 gram lengkuas
1  sdm lada
2,5 sdt garam
2  sdt gula pasir
150 ml minyak untuk memblender
50 ml minyak untuk menumis

Bumbu Dasar Orange
300 gram cabe merah
1 sdt jinten
1 sdt adas manis
2,5 sdm ketumbar
150 gram bawang putih
500 gram bawang merah
25 gram kunyit
20 gram jahe
20 gram lengkuas
2  sdt lada bubuk
3,5 gram garam
2  sdt gula pasir
150 gram minyak goereng untuk memblender
50  gram minyak untuk menumis.

Cara membuat bumbu dasar
Haluskan semua bahan kecuali gula dan minyak untuk menumis, hingga halus benar. 
Panaskan minyak untuk menumis, tumis bumbu sampai harum dan matang.
Masukan gula, tumis sebentar, angkat dan dinginkan
Masukan dalam toples, tutup rapat, siap digunakan
Bumbu dasar bisa disimpan dalam kulkas dan tahan kurang lebih 3 bulan, jika ingin memasak ambil secukupnya dan masukan bumbu masakan lain seperti daun salam, daun pandan atau daun jeruk.

Manfaat bumbu dasar

  • Bumbu dasar merah cocok untuk sambal, nasi goreng
  • Bumbu dasar putih cocok untuk makanan berwarna putih, misalnya tumis, rawon, mie goreng, nasi goreng, lodeh, nasi goreng, dll
  • Bumbu dasar kuning cocok untuk gulai kuning, ayam ungkep, ikan goreng, pesmol, acar dll.
  • Bumbu dasar orange cocok untuk kare, gulai, rendang dan macam-macam masakan yang berwarna orange.

Saya hanya membuat 3 macam bumbu dasar, yaitu bumbu dasar merah, kuning dan putih, bumbu dasar orange sengaja belum dibuat karena jenis makanan yang menggunakan bumbu dasar orange jarang saya buat. Persiapan dari mengupas hingga selesai menumis 3 macam bumbu dasar ini sekitar 4 jam (saya sambil masak, sambil ngASI si kecil, ngupas bawang sebagian dibantu Mr. Bojo). Bahan ditimbang setelah terlebih dahulu kupas, kemudian dicuci, dipotong-potong, diblender langsung tumis.

Nah, mulai kemarin sudah memanfaatkan bumbu dasar untuk memasak, bikin sambal ayam kentang, tinggal goreng ayam n kentang, tumis sawi tinggal cuci sawi, potong-potong, osreng. Masak jadi lebih mudah dan sangat cepat, waktu yang tersisa bisa saya pakai buat cuci perkakas masak yang kotor. Bye-bye kupas kupas bawang saat akan memasak, ohya saat anak minta nasi goreng, saya langsung bisa buat dengan cepat. Ahaaa, masak menjadi sangat menyenangkan.

Soal rasa gimana?, menurut saya sih sama saja, ntah juga kalo lidah saya kurang sensitif membedakan mana masakan yang dimasak pake bumbu yang baru diracik dengan bumbu yang sudah siap begini. Bagi saya ini sangat memudahkan, itu saja. lagian apa bedanya dengan beli aneka bumbu instan itu. Malah bumbu yang kita buat sendiri ini menurut saya lebih aman, enak dan murah pastinya.

Oh ya yang bumbu kuning, sebagian ada bahan halus yang saya beli digilingan bumbu, malah ada sedikit yang agak masam. Oke buat yang akan datang, semua bahan akan saya haluskan sendiri.


ini dia 3 macam bumbu dasarnya

bumbu dasar merah

bumbu dasar kuning

bumbu dasar putih

4 komentar:

  1. Kalau udh nyetok bgini mbk, masak jd lebih cepet jg ya mbk,

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mbak, nyesal kenapa gak dari dulu bikin ginian

      Hapus
  2. Aq juga gini mak, bikin bumbu simpen di kulkas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak jadi cepet ya mbak, trus bikin tambah semangat masak

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too