everything

Selasa, 25 Juli 2017

Anak dan Gadget

Akhir-akhir ini saya sering galau, bukan galau ala anak abg yang ditinggal pacar, sehingga jadi jomblo. Tapi mungkin rasa galaunya mirip-mirip itulah, bikin ngomel-ngomel dan kuatir berkepanjangan.

Dulu, saya tidak pakai smartphone, pake hape jadul yang tidak bisa buat internetan, pake smartphone ini juga karena banyak teman yang sering tanya, pake bbm gak, ada wa ga, halah, bbm kayak opo, trus wa gimana wes mboh, ra weruh. 

Setelah sering ditanya (hai kalian para admin grup, sungguh membuatku tak berdaya dan keranjingan ngchat), trus juga kok perlu juga update ini itu, ehya selama ini internetan asyik saja pake laptop, layar gede, ngetikpun mudah. Sejak si kecil lahir, kok internetan jadi susah, sementara kebutuhan internet semakin meningkat, entah yang belanja, googling berita, masakan, fashion, endebrey endebrey. Jadilah pak suami bilang, ibu harus pake smartphone (selama ini saya yang gak mau dibelikan, alasannya eman-eman duit, wong bisa pake laptop), tapi sebelum beli sempet diskusi alot dan wanti-wanti, JANGAN YANG MAHAL-MAHAL.

Ternyata, pake smartphone itu memang asyik, bisa internetan kapan saja, tidak seperti waktu pakai laptop, mana bisa ngelonin anak sambil main laptop kan. Pake smartphone bisa kapan saja, lagi ulek bumbu cekrek, anak rendeman cekrek, goreng ikan cekrek, anak manjat cekrek. Saat asyik masak juga bisa sambil ngechat digrup, tang tung tang tung, wes pokoke asyik pol. Dulu saya kudu ambil gambar pake kamera, trus mau posting beribet mindahin ke laptop, yaelah jadul.

Nah sekarang saya justru dibikin galau oleh smartphone ini, anak saya jadi bentar-bentar pinjam hape, haduh gimana cobak. Alesannya mau liat foto-foto waktu kecil lah, trus kalo dibiarkan buka youtube, nonton kartun. Sudah sih di downloadkan permainan yang edukatif, seperti marbel, english for kids, belajar mewarnai, bacaan Al-Quran, tapi tetep saja pada akhirnya buka youtube dan nonton kartun.

Saya sih masih membolehkan anak pake hape saya, tapi kok lama-lama, makin kesini, semakin sering saja denger kata-kata "bu pinjam hape". Saya jadi terganggu dan ketakutan juga, kuatir anak jadi kecanduan main hape (ini smartphone belum nyampe setahun). Dari yang saya baca ada beberapa dampak buruk gadget pada anak menurut jurnalweb.com diantaranya :

1. Susah tidur
2. Kurang gerak
3. Gangguan pada mata
4. Nyeri atau Sakit
5. Konsentrasi jaddi pendek
6. Kemampuan bersosialisasi kurang
7. Rasa cemas berlebihan
8. Gangguan mental
9. Prilaku agresif
10. Jadi pelupa
11. Jadi kecanduan
12. Terkena radiasi
13 Tidak berkelanjutan

Hiiiy, ngeri sekali, saya sendiri pernah mendengar langsung dari beberapa sahabat, ada anak teman saya itu, kuliah di universitas beken di Bandung sana, kecanduan game online, si ibu sampai ngekost disebelah kamar sang anak selama lebih dari setahun demi bisa mengontrol keberadaan anak lelaki, sudah dibawa keahli jiwa tapi berakhir pada kulihnya yang tidak selesai. Adalagi yang cerita, anak balitanya, main hape hingga jam 1 malam tiap hari dan masih banyak lagi saya melihat para orang tua yang tak mampu menolak keinginan anak untuk punya hape. Ada juga yang tampak tidak kuatir bercerita, bahwa setiap hari anaknya menghabiskan kuota internet sekian-sekian.

Beberapa cara sudah saya lakukan untuk mengalihkan anak dari hape diantaranya adalah :

  • Anak boleh bermain air, tanah, main hujan, masakan atau apa saja bersama temannya dalam pengawasan kami, kami mengizinkan anak bermain kotor, biar saja dibilang jadul dan kampungan.
  • Tidur siang sekitar dua jam, biasanya dari jam 3 sampai jam 5 sore.
  • Mulai habis magrib sampai jam 9, saya berkomitmen dengan suami untuk belajar dan bermain bersama anak tanpa pegang hape, mulai dari makan, belajar, trus main-main, jadi jam 9 sudah capek, matikan lampu dan tidur.
Berkali-kali saya juga menjelaskan pada mereka, bahwa boleh pinjam hape tapi cuma sebentar, bahwa hape bukan mainan anak-anak, bahwa boleh punya hape setelah umur 15 tahun (bener gak sih). sungguh butuh komitmen kita juga, agar saat dengan anak tidak main/pakai hape dan you know, itu sulit banget, iyaaa kan?.

Untuk menghidarkan 100 persen dari hape, rasanya saya tidak bisa, solusinya ya seperti itu, mereka boleh pakai dan saya batasi pemakainnya. 

Curhatan saya yang nyesel banget kalo sudah minjamkan hape sama anak. Monggo berbagi kalo mungkin punya masalah yang sama, punya tips mengatasinya, punya pengalaman anaknya suka main hape, yang pernah nulisin, monggo share link dikolom komentar, biar saya BW.









2 komentar:

  1. mampir Mak, baru update juga tentang perjuangan mengurangi screen time anak http://www.sintamilia.com/2017/07/kakang-2-tahun-9-bulan-perjuangan.html

    BalasHapus
  2. Iya nih mba, pr banget ndak ngasih gadget ke anak tapi maknya gadget addict huhu. Mba tebo dimananya? Senang ada teman blogger sedomisili. Salam kenal yoo, tak follow blognya :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too