everything

Kamis, 14 November 2013

Nyaman Bepergian Dengan Balita

Membawa balita dalam aktifitas outdoor terkadang memang tidak bisa kita hindari, seringkali beberapa balita merasa tidak nyaman berada diruang publik dimana banyak orang yang asing baginya, serta dengan berbagai aktifitas yang tentunya juga tidak mereka sukai.

Pernah suatu kali saya sedang berada ditoko pakaian, ada seorang ibu membawa balita, si ibu bermaksud membeli pakaian, ketika si ibu sedang mencoba pakaian diruang pas, sang anak menangis minta pulang, si ibu tampaknya tidak peduli sehingga sang anak bertambah marah, terus menangis dan berteriak2, sang ibupun membentak-bentak anaknya, penjaga toko menyarankan si ibu untuk kembali lagi besok karena si anak benar2 tidak bisa dibujuk, sampai ibu yang punya toko ikutan keluar karena anaknya yang sedang tidur ikutan menangis, kaget dengan teriakan tadi.

Saya  dan seorang teman  yang sedang memilih pakaian tentu saja merasa tidak nyaman, karena si ibu keras kepala sekali, si anak terus membuntuti si ibu yang masih juga asyik memilih pakaian, karena makin kesal dengan perilaku balitanya yang terus menagis bahkan makin keras, tanpa sadar  atau mungkin kebiasaan,  si ibu menampar anaknya, kami terkejut dan menjauh dari si ibu,  saya dan teman saya hanya saling berpandangan, tetapi kami juga tidak berani ikut campur karena sebelumnya saya juga sudah mencoba membujuk anaknya.

Kejadian seperti itu mungkin sering kita alami, karena itu suami saya selalu melarang saya membawa anak ketempat umum yang menyebabkan anak tidak nyaman dan merasa dibaikan dengan aktifitas kita, misal pergi kondangan, berbelanja, pengajian. tetapi jika membawa anak tidak bisa dihindari maka kita juga perlu mengetahui trik-trik membawa anak agar merasa nyaman di tempat umum.

ini adalah beberapa cara membawa anak agar nyaman ketika kita ajak bepergian :

  1. Dalam keadaan kenyang, sebelum bepergian, pastikan balita kita tidak dalam keadaan lapar dan haus. balita yang lapar dan haus cenderung mudah rewel.
  2. Jangan bawa balita bepergian dalam keadaan mengantuk, ini juga memicu balita kita rewel sewaktu kita beraktifitas.
  3. Membawa bekal makanan, minuman atau mainan untuk menghibur sekecil jika dia mulai bosan.
  4. Hindari bepergian terlalu lama  jika membawa balita karena akan menyebabkan sikecil lelah
  5. Kenakan pakain yang nyaman pada balita, yang tidak  mudah membuatnya gerah, terkadang para ibu sering kali mendandani anaknya sedemikian rupa, padahal si anak merasa tidak nyaman.
  6. Ketika anak mulai gelisah, marah dan menangis, sebaiknya hentikan aktifitas mengabaikannya, anak biasanya tidak suka dicuekin, jadi meskipun kita sibuk dengan aktifitas kita, tidak ada salahnya melibatkan anak, sehingga dia tidak merasa bosan dalam kasus di atas, ajak sikecil juga memilih pakaian untuk dirinya.   
  7. Jika mungkin, bawalah orang yang juga dikenalnya, misal ayah, kakak tau teman yang lebih besar.
itulah beberapa trik yang saya lakukan saat membawa si kecil bepergian jika terpaksa, alhamdulilah sikecil tidak rewel, jika sikecil mulai rewel, saya akan langsung membawanya pulang, karena membuat sikecil marah ditempat umum akan menganggu orang lain, memarahi sikecil juga tidak akan berguna pada saat seperti itu, malah akan memberi dampak yang lebih buruk.

Sumber gambar :
http://www.indotopinfo.com/tips-belanja-bersama-anak.htm



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too