everything

Selasa, 04 Maret 2014

Koperasi yang Sesungguhnya


wikipedia.org
Saya sempat mengajar selama 3 tahun di SMP negeri 1 Tebo dalam kurun waktu 2007 s/d 2009, banyak kenangan dan pengalaman manis tentunya selama saya menegajar di SMP ini, satu hal yang teramat tidak bisa saya lupakan adalah Koperasi SMPN 1, karena saya masih terdaftar sebagai anggota saat ini, meskipun saya tidak lagi menjadi guru di SMP tersebut.

Ada yang menarik dari koperasi bentukan para guru ini, saya tidak tau kapan tepatnya koperasi sekolah ini berdiri, saya terdaftar menjadi anggota pada tahun 2007 dengan modal pada waktu itu  kira2 7 jutaan. kenapa saya bilang koperasi ini menarik, menurut saya koperasi  sekolah ini adalah sebenar2nya koperasi. kenapa demikian, nah saya akan jelaskan...

Mulai dari pengertian  Koperasi, menurut Dr. Fay, koperasi adalah suatu perserikatan dengan tujuan bersama yang terdiri atas mereka yang lemah dan diusahakan selalu dengan semangat tidak memikirkan diri sendiri sedemikian rupa sehingga masing-masing sanggup menjalankan kewajiban sebagai anggota dan mendapat imbalan sebanding dengan kesempatan mereka terhadap organisasi.

Jumlah anggota koperasi kami  saat ini adalah kurang lebih 63 orang dengan modal masing-masing anggota pada bulan maret ini sebesar  Rp. 18.000.000,-  (sebenarnya  lebih, tapi saya bulatkan saja kebawah karena kemarin lupa nyatet waktu ketemu bendahara.) artinya modal koperasi kami secara keselurahan sekitar 1,134 milyar  (18 juta x 63 orang), lumayan gede kan (saya belum pernah ngitung duit semilyar, kriting jari kalee...), sebenernya  modal sudah lebih dari 20 jutaan perorang, tetapi 1 tahun yang lalu modal sempat dikurangi dan dibagikan sebesar 2 juta kepada tiap anggota.

Koperasi  kami ini, kabarnya  mulai terbentuk dengan jumlah iuran anggota  dikisaran 500 ribuan, uang yang terkumpul dipinjamkan kepada para anggota secara bergantian dengan dikenakan bunga sebesar 1%, dan bunga yang diperoleh dibagikan lagi kepada seluruh anggota secara merata, tanpa terkecuali, tanpa memandang si anggota meminjam atau tidak. bayangkan tahun 2007 saya jadi anggota,  iuran anggota  sudah mencapai 7 jutaan, pada september 2012 saya mendaftar lagi sudah sebesar  Rp. 16.394.000,- dan sekarang sudah 18 juta lebih.

Modal terus berkembang karena  seluruh keuntungan dibagikan kepada anggota, hanya dipotong untuk biaya pengurus yang nilainya tidak lebih dari 300 ribu/anggota/tahun, saat ini koperasi kami juga memberikan bunga lebih ringan sebesar 0,5 % perbulan kepada peminjam  sejak rapat umum anggota koperasi yang digelar pada bulan oktober 2013 lalu, kecil banget kan....?,  jumlah pinjaman maksimum adalah sebesar Rp. 50 juta dan waktu anggsuran terlama adalah 36 bulan.

Satu orang juga boleh memiliki lebih dari satu nomer keanggotaan, misalnya saya memiliki  3 nomer keanggotaan, jadi modal saya dikoperasi ini adalah sebesar  3 x 18 jt,  bahkan ada yang memiliki hingga 5 nomer keanggotaan, di banding bank, koperasi kami memberikan keuntungan yang lebih besar, keuntungan tiap bulan berkisar  Rp. 200.000,-s/d Rp.250.000,- per anggota, padahal jika menabung di bank sebesar modal kami ini tidak akan memperoleh bunga sebesar itu. namun demikian bagi  perorang yang memiliki lebih dari satu nomer keanggotaan ada peraturan tersendiri dalam meminjam uang,  misalnya saya, hanya boleh meminjam 2 nomer saja, alias 100 jt rupiah, kecuali dalam keadaan dana berlebih karena tidak ada peminjam. jika sewaktu-waktu akan keluar dari keangotaan pun sangat mudah, dan penarikan modal bisa dilakukan tiap awal bulan sebelum dana dibagikan kepada peminjam baru

Tetapi karena berbagai pertimbangan, mengingat koperasi ini adalah koperasi sekolah SMPN 1 Tebo, maka yang menjadi anggota adalah guru dan staff tata usaha sekolah itu sendiri, tetapi beberapa guru atau staf tata usaha  yang sudah tidak lagi mengajar atau bekerja, atau pindah ketempat yang lain,  tetep dibolehkan menjadi anggota, karena kredibilitasnya sudah diketahui, (caela....kayak mau milih anggota dewan aja...) maksudnya tidak bakal melarikan diri atau kredit macet, sebab pinjaman tanpa agunan apapun kecuali modal sebagai anggota. karena hal ini jug koperasi ini tidak menerima anggota lain  dari luar sekolah karena akan menyulitkan pengawasan (pengurus hanya 5 orang...)

Banyak keuntungan yang saya dapat dari ikut sertanya saya sebagai anggota koperasi ini, tahun 2009, saya meminjam sebesar 60 juta untuk membeli  tanah tempat saya tinggal saat ini, tahun 2010, saya kembali pinjam sebesar 100 jt untuk menambah biaya pembangunan ruko. alhamdulilah semua lancar, saya tidak pernah macet membayar angsuran, saat ini saya punya satu nomer anggota yang kosong, cadangan apabila nanti diperlukan untuk mengembangkan usaha saya.

Dari begitu banyak keuntungan yang saya dapat sebagai anggota, diantaranya modal terus bertambah, bunga pinjaman yang sangat ringan, dan juga proses meminjam yang sangat mudah, maka pantaslah kalo saya bilang koperasi kami ini adalah koperasi yang sesungguhnya. harapan saya juga kedepanya koperasi sekolah ini makin besar, makin banyak anggotanya dan juga mungkin perlu badan hukum yang legal.


Foto: Guru smp n 1 tebo
Pembina, bendahara dan anggota kopearsi SMP N 1 Tebo


Foto
kapanpun, dimanapun....eksis bo....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too