everything

Sabtu, 29 November 2014

Mengunjungi Istana Pagaruyung di Batusangkar Sumatera Barat

Perjalana kami selanjutnya adalah Istana Pagaruyung, sepanjang perjalanan tetap melalui bukit dan jurang2, saya sampai heran, ternyata pusat-pusat keramaian berda dibalik bukit-bukit yang dari jauh hanya seperti hutan saja. istana pagaruyung terletak di kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar

Sampai di Istana Pagaruyung sekitar jam 4 sore, kami langsung membeli tiket masuk seharga Rp 7000,-/orang, cukup murah bukan?,  pengunjung lumayan ramai hari itu, beberapa bus besar tampak di area parkir, sepertinya beberapa rombongan dari jauh, kami pun segera masuk kedalam, suara musik khas minang  menyambut kami.

Istana Pagaruyung yang ada saat ini adalah replika, karena  istana aslinya telah terbakar,  posisinya juga sudah tidak di tempat semula, pada tahun 2007 istana pagaruyung terbakar untuk yang kesekian kalinya, kebakaran hebat karena sambaran petir  dibagian teratas bangunan 3 lantai ini  menghanguskan hampir keseluruhan bangunan, hanya sekitar 15% barang berharga yang selamat, kabarnya biaya yang dihabiskan untuk membangun kembali Istana Pagaruyung mencapai 20 milyar lebih. dan diresmikan oleh Presiden SBY tahun lalu dengan berbagai pesta adat.

Panorama alam disekitar istana ini sungguh indah, dikelilingi bukit-bukit yang sangat cantik, halamannyapun sangat luas, ada yang unik disini, bagi yang ingin foto dengan pakaian adat minang lengkap dengan sunting, tersedia  penyewaan dibawah istana, hanya dengan Rp.35000, anda sudah bisa berfoto cantik. anda juga bisa menaiki kuda, tarif anak-anak Rp.5000/0rang, dewasa rp.10.000/orang. ada juga sekuter untuk anak-anak.

bagus banget kan....bangunan ciri khas minang

halamannya sangat luas, bisa buat camping...

pemandangan dari lantai 3

ada badutnya, tata paling suka masya

saat mulai sunset dari belakang istana....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too