everything

Rabu, 04 Februari 2015

Gigi Seri Anakku Kurang Dua

Kesehatan gigi adalah hal yang sangat saya perhatikan dan teramat sangat penting bagi saya, karena itu saya rutin menggosok gigi kedua anak saya rutin pagi hari dan malam sebelum tidur sambil nyanyi lagu "gigi putih dan bersih, bagaikan mutiara, kusikat bersih-bersih, dua kali sehari, pagi sesudah makan, malam sebelum tidur, gigi putih cemerlang, senyum sehat gembira".

Alhamdulilah kebiasaan ini sudah ditiru si sulung, tanpa di  suruh, tiap mandi minta gosok gigi, padahal harusnya sebelum tidur, tapi saking sukanya tiap main air juga minta sikat gigi, si sulung  mulai belajar menggosok gigi sendiri, sering juga saya ulang lagi kuatir gak bersih, kalau si kecil cos baru 2 tahun, yah sikat giginya kadang juga sambil nangis, kadang sukarela minta sikat gigi sendiri.

Dengan segitu rajinnya apa gigi anak saya bagus (kadang kalau kami pulang malam, dalam keadaan tidurpun saya sikat gigi anak-anak)? ternyata gak juga, apalagi kalau saya malas, besar kemungkinan gigi anak saya habis, hihi...gigi seri si sulung agak gripis, walau putih ,  8 grahamnya alhamdulilah gak ada yang bolong, kalau 4 taringnya baik-baik saja. trus si kecil, agak parah, 4 gigi seri atas gripis semua dan berwarna kecoklatan,  4 tarinngya baik-baik saja sementara 8 grahamnya nggak bolong tapi sedikit seperti berkarat.

Bagaimana gigi seri bawahnya, nah itu dia, giginya masih oke, tapi ada yang ganjil, cos gigi seri bawah anak saya cuma dua, jadi kelihatan sangat jarang, gigi seri 2 langsung taring 2, sebagai gambaran berikut gigi susu pada anak-anak seharusnya, nah kebayangkan lucunya gigi anak saya yang kurang 2, tapi menurut sumber yang saya baca disini, masa tumbuh gigi susu mulai dari 4 sampai 30 bulan, bisa jadi masih ada harapan gigi nya bertambah, atau bisa juga tidak ya....entahlah....



image
gigi susu pada anak-anak

gigi bawah toriq





4 komentar:

  1. mba akhirnya gigi seri nya tmbh ga? kasusnya sama spt anakku skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak tumbuh mbak sampe sekarang dah 4,5 tahun

      Hapus
  2. terus bgmn mba? apa pernah konsul ke drg? apa ada kendala atau hal lain yg menjadi akibat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pernah konsul mbak, udah aku cuekin saja..., hihihi

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too