everything

Selasa, 28 Juli 2015

Tentang Sampah Plastik

Tiap kali berkunjung kesuatu tempat, mulai dari tempat makan, pasar tradisional, mall, obyek wisata, jalanan, hal yang selalu saya perhatikan bahkan sering juga saya potret adalah sampah plastik yang berserakan dimana-mana. Miris dan sedih banget melihatnya.

Ingat waktu jalan-jalan ke Bengkulu kemarin, sepanjang jalan dari Kepahiang - Bengkulu kota, padahal jalan yang dilalui berbukit-bukit, sebagian nyaris tak berpenghuni, tapi yang namanya sampah, ya ampun..., swear banyak  banget berserak disepanjang jalan. trus sampahnya dari mana? hayo tebak.

Tadi sore juga jalan dari Tebo ke Bungo, sepanjang jalannya berserak sampah, saya perhatikan hampir tiap meternya ada sampah plastik kemasan makanan dan minuman bertebaran. Kira-kira apalah penyebabnya?.

Menurut saya sampah plastik di sepanjang jalan penyumbangnya adalah orang yang lewat jalan itu juga, soalnya di jalan tertentu yang samasekali gak ada rumah, sampahnya juga banyak loh. Saya seringkali menemukan  orang melempar sampah ke pinggir jalan, naik motor, beli minuman botol, abis minum sampah langsung di lempar, pakai mobil bagus mengkilap, buka kaca trus melempar bungkus makanan. Eh yang mobil jelek banyak juga ding melempar sampah gitu.

Begitupun obyek wisata, saat kemarin ke Pantai Panjang  di Bengkulu, ya ampun sampah plasti berserak dimana-mana, saat ke Taplau di Padang, sampah plastik malah terapung-rapung dibawa ombak. Saat kekebun teh, sampah minuman juga berserak dibawah pohon. Trus kemarin juga pas mampir ke air terjun, dekat air terjun itu ada yang jualan, tapi sampahnya dikumpulkan tepat di pinggir air terjun. haduh....

Saya juga pernah berdebat dengan seorang bapak muda yang berjualan makanan, saat itu beliau menyuru anak buahnya agar membuang sampahnya ke sungai, dia bilang kenapa gak boleh, saya jelasin lah bla-bla, dan yang seperti itu masih banyak loh disini, bagaimana dengan disana-sana, pernah juga kah menemukan yang ngeyel model begini.

Sering juga saya ngomel dengan karyawan karena sering buang kulit permen sembarangan, menurut saya, bungkus permen, puntung rokok, tutup botol bahkan korek kuping yang kecil itu tetep sampah. 

Yuk ah, kemanapun kita pergi, jangan meninggalkan sampah disembarang tempat. Apa sih susahnya menyimpan sementara sampah plastik yang kita hasilkan hingga kita bisa membuangnya ketempat yang benar, sedangan di buang di tempat yang benar saja sampah tetap menimbulkan masalah, apalagi sampah plastik dimana-mana. Pernah baca nggak, kalo di Jepang, bahkan saat jalan-jalan ditaman membawa anjing, kotorannyapun dibawa pulang, nah loh. 

Wajah boleh cantik, boleh gagah, tapi kalo buang sampah sembarang, bisa ilang loh kecantikan dan kegagahannya, saya doakan ya, bayangkan kalo rame-rame yang berdoa gitu. yuk kita doakan barengan. trus yang jelek gimana?, apa boleh buang sampah sembarangan, tetep gak boleh ya, bakal saya doakan makin jelek.

Soal kebiasaan buang sampah sembarangan ini bingung juga dikaji dari sudut mana, kalo di bilang budaya, masa ada budaya nyampah, kalo dibilang yang buang sampah gak berpendidikan, ih orang Indonesia sih pendidikannya sudah pada tinggi-tinggi, trus kenapa oh kenapa?.

Ayolah kita jaga lingkungan kita, jangan sampai suatu masa permukaan bumi kita tertutup sampah plastik, jangan sampai saat kita kepantai kita berenang bersama plastik, jangan sampai selokan sekitar kita juga tersumbat oleh plastik dan kalo banjir teriak-teriak menyalahkan anu-anu dan itu-itu. Minimal kita mulai dari diri kita masing-masing, dari anak kita dan dari keluarga kita.

Koleksi foto-foto saya tentang sampah ya :


ne di gentala arasy
di air terjun

dibawah pohon teh
di pantai




40 komentar:

  1. sampahnya berserakan dimana-mana ya..andaikan semua orang peduli akan lingkungan pasti semuanya bersih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak...., kapanlah ya indonesiaku tercinta ini bersih dari sampah...

      Hapus
  2. Gemes bgt ya mbak kalau lihat sampah berserakan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. banget mbak, kadang pengen ta samperin suru ngambil lagi...tapi kan nggak mungkin juga...

      Hapus
  3. duh memang orang kita tu kurang disiplin soal sampah mbak...di tempat2 wisata pas mudik jg sll byk sampah..prihatin ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. acara apapun mbak, apalagi acara hiburan di lapangan, sampahnya segunung, bahkan sholat di lapangan...

      Hapus
  4. iya sedih banget ya kalau sampah bertebaran dimana2...pas mudik jalur Pantura biasanya SPBU kotor sangat dan sampah dimana2.

    BalasHapus
  5. Aku suka gregetan loh sama yang buang sampah sembarangan. Masa pada ngga tahu dampaknya sih, lagian apa ngga risi gitu ya lihat sampah bukan berada di tempatnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tos mbak... pengen rasanya tak ambil sampahnya trus lemparin ke yang buang sampah sembarangan itu..., kadang numpang makan di masjid juga nyampah...terlalu

      Hapus
  6. Bener tu mak, mari kita jaga lingkungan, sangat disayangkan kalau sampah berserakan dimana-mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mak... semoga cepat sadarnya orang2 yang buang sampah sembarangan ini...

      Hapus
  7. Saya juga risih dg sampah apalagi di daerah objek wisata. Miris banget. Gimana pariwisata Indonesia akan maju

    Btw emak orang jambi ya? Saya otw hijrah ke jambi nih. Semoga kita bisa kopdar ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyeek....ada temen bloger yah hijrah ke jambi...., ntar di jambi jangan buang sampah sembarangan ya...hehehe, nanti kapn2 kita kopdar...

      Hapus
  8. kalo aku suka jijik liat sampah di rumah atau mau di manapun juga mba rasanya tuh gimanaaa gitu kalo liat sampah di jalanan hikh

    BalasHapus
  9. harus ada motivasi untuk sadar sampah ya mbk...supaya lingkungan tetap asri

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak mulai dari kita, siapa lagi mbak....hayo semangat buang sampah pada tempatnya...

      Hapus
  10. setuju Mak, kalo lingkungan bersih dari sampah, mata juga segerrr yaa ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, seindah2nya tempat kalo kotor, sapa juga yg mau tinggal, biar jelek kalo berseh...hmmm nyaman..., apalagi indah dan bersih..top..

      Hapus
  11. Bukan budaya bukan tak berpendidikan, tapi kebiasaan ya mba? Kebiasaan itu yg kudu dirubah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, tapi mestinya dengan tk pendidikan yg lebih baik, lebih aware dengan lingkungan...hihi, harapan saya sih...

      Hapus
  12. sampah plastik memang sangat2 mengganggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan hanya mengganggu, suatu masa bakal membahayakan dan jadi bencana...

      Hapus
  13. nah itu mak. seharusnya kemasan-kemasan kecil juga ga diizinkn dipake. jadi imbang gitu antara yg make dg penyedia sampah.
    maksudnya produsen juga dibatasi dong sm pemerintah. kebayang ga sih kl sampah plastik itu makin kecil? gelas plastik air mineral aja makin kecil. ya makin enak lah kita buang tuh sampah.

    kl ga salah di bbrp negr bag amrik sdh ada larangan jual air dg kemasan di bawah 1 L. kita berani ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di kaji gitu memang gak ada abis mbak, ya minimal kemanapun kita pergi nggak meninggalkan sampah..., saya juga setuju bahwa penyediaan tempat sampah dimanapun masih kurang....tapi mbok ya jangan bar-ber mana-mana..hehehe

      Hapus
  14. Sama mbak, kallau liatborg buang sampah sembarangan tuh geregetan banget. Mungkin mereka mengira bumi ini tempat sampah raksasa kali ya. Sampai pernah saya buat postingan judulnya: Hey bumi ini bukan tempat sampah raksasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak...ditempat saya ini kota kecil, kecil banget...tapi yg namanya sampah.....lumayanlah..., berserakan juga...

      Hapus
  15. wah sayang banget ya apa mungkin krn ngak disediakan tong sampah mbak ?

    BalasHapus
  16. waktu saya main ke pantai di tega; juga banyaaak banget sampahnyaa . pada makan disitu buang disitu .. jadinya jelek di foto :( padahal niatnya mau hunting jadi ga jadi deh karena pemandangan yang luar biasa itu -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya malah saya foto sampahnya mbak....nanti tak pamerin di sosmed....hahaha

      Hapus
  17. Saya BT abis kalau di tempat pariwisata ada yang buang sampah sembarangan Mak. Ngandelin petugas banget hu hu.

    By the way saya sudah follow blog nya #51 (ngarep di follow balik he he), baru manjat thread follow-follow an di KEB. Terima kasih :)

    BalasHapus
  18. iya kenapa budaya buang sampah pada tempatnya ini susah banget ya prakteknya, padahal gampang ya tinggal di buang di tempatnya, tempat sampah juga ada dimana-mana

    BalasHapus
  19. hrs dibiasain dr kecil... klo udah dewasa, susah nasehatinnya :(

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too