Menggunakan AC adalah pengalaman yang menyebalkan hingga sekarang, kalo ademnya pake AC tentu saja suatu kenikmatan, tapi karena dari pertama kali pake selalu saja ada masalah, jadi tiap nyalain AC, yang ada di benak saya selalu tukang service....#lebai.
Tahun 2009, saya pake AC merek Gree, karena hadiah, ga mikir merek, tinggal panggil tukang pasang AC. ga nyampe 6 bulan AC saya ga dingin, kita panggil tukang service, katanya kudu di benerin, its oke.... dicopotlah outdoornya dan di bawa pulang. but mpe 6 bulan, tidak juga diantar, dengan alasan alatnya ga ada, rusaknya karena listrik ga stabil, karena kesal, akhirnya diambil saja dengan my hush, tetep masih, rusak yo wes ga apa. kita cari lagi tukang service yang lain, habislah kita 1,8 juta.....(tuing.....saya ngedumel abis setelah tukang servicenya pulang) katanya ganti kompresor bla-bla....
Ternyata oh ternyata, masalah ga juga berhenti, ga nyampe 6 bulan si AC mogok lagi, ntah brapa kali lagi di panggil tukang service, saya sempet juga mogok pake AC saking kesalnya, akhirnya karena ga tahan tiap bulan panggil tukang service, juni 2013 kemaren, saya memutuskan untuk beli AC baru, maksud hati AC baru mungkin ga akan bikin ribet, my hush mememilih AC panasonic eco smart 1 PK, katanya itu yang tangguh. beli di Jambi, dan di Tebo panggil tukang service yang biasanya.
AC baru alhamdulilah dingin, pokoke bikin tidur nyenyak, tapi sodara-sodara........abis lebaran kemarin, AC sudah ga dingin lagi, saya sampai emosi jiwa dengan my hush yang jadi pelampiasan omelan saya, jadilah panggil tukang service yang memasang AC baru kami ini, di cek....ternyata freon habis.....saya memang ga ngerti banget soal beginian, dari beberapa artikel yang saya baca, kalo kejadiannya seperti itu, arinya ada yang bocor, tapi dengan tukang service hanya di isi freon, alhasil 1 bulan kemudian AC saya ga dingin lagi, kembali di isi freon ma tukang service, sekitar bulan November, instalasi di ganti dengan yang baru, katanya kebocoran pada instalasi lama, bayarlah kita Rp. 450.000,-, yo wes iklas, semoga ga ada masalah lagi.....
Tapi ternyata Desember kemarin, AC ga dingin lagi, tukang service tau kalo AC kami bocor, tapi bagian mana yang bocor tidak di temukan, sulit menggambarkan perasaan saya, keseeeeeeel banget, saking bosen dengerin ocehan saya tiap hari, juga ga kuat dengan anak yang sebentar-sebentar terbangun karena berpeluh keringat kalo malam hari, akhirnya suami beli alat pengukur freon dan 1 tabung freon, (total habis 1 juta), jadi bisa isi sendiri, bayangkan, sejak beli tanggal 24 Desember 2013 sampai hari ini, sudah 3 kali isi freon. sebenarnya membeli tabung freon sendiri juga ga menyelesaikan masalah, kami hanya sudah bosan memanggil tukang service. (di tempat kami ini hanya ada 3 tukang service dan ke3nya sudah kami pakai), tukang servicenyapun sudah bosan kerumah kami, dan ga mampu menyelesaikan masalah kebocoran AC kami.
Entah sampai kapan AC kami bandel seperti ini, saya sedang mengupayakan mencari tukang service AC yang mumpuni dari tempat lain. dari pengalaman saya yang super ribet menggunakan AC, ada 2 hal penting yang harus dilakukan ketika memasang AC.
- Pasanglah AC dengan tukang service AC yang langsung ditunjuk dari toko, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, pihak toko bisa bertanggung jawab.
- Gunakan voltage stabilizer, karena AC akan lebih awet dengan tegangan listrik yang stabil.
tak pikir bikin pusingnya saat dinyalakan mbak, eh ternyata malah ngurusnya hahaha
BalasHapusSukabumi|| Solo ||Malang
Coba ganti di salurannya. Jika itu msh bermasalah brati disisi ac
BalasHapus