everything

Selasa, 22 Oktober 2013

Bekas Luka SC Kurang Baik


Sembilan  bulan  yang lalu, saya melahirkan anak ke-2 saya secara caesar, tapi hingga saat ini, luka bekas operasinya tak kunjung bagus, saya dah beberapa kali melihat bekas sayatan operasi cesar beberapa temen, termasuk kakak saya, hasilnya cukup bagus, hanya seperti garis, berbeda dengan saya yang garisnya agak lebar dan di kelilingi titik2 bekas benang, memang dari awal saya agak merasa janggal, kenapa sayatan operasi saya tegak lurus di bawah pusat, padahal  temen2 saya sayatannya horizontal. waktu habis melahirkan saya memang tidak begitu mempertanyakan masalah ini kepada dokter yang membantu saya melahirkan karena saya pikir ya memang begitu, nantinya juga akan bagus sendiri, namun setelah hampir 9 bulan ternyata bekas lukanya tidak sebagus temen2 saya, maka saya mulai mencari informasi mengenai operasi cesar ini.


Sayatan operasi caesar menurut dr. Didi Kusmarjadi, SPOG  ada 2 macam, yaitu vertikal dan horizontal, standar sayatan operasi dimasa kini adalah sayatan secara horizontal atau trasversal (melintang atau mendatar) kedua sayatan ini pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing2. pada sayatan vertikal, secara estetika memang mengurangi keindahan, apa lagi bagi kulit yang mudah keloid, biasanya akan menimbulkan bekas luka yang cukup jelas seperti lipan di bawah pusat dan agak kedalam. namun keunggulannya adalah cara pengerjaan sayatan ini lebih mudah dan untuk operasi ulangan berikutnya juga akan lebih mudah.

Pada sayatan horizontal, secara estetika memang baik, kadangkala bekas sayatan hanya seperti garis samar, tapi kejelekan sayatan ini adalah agak lebih sulit mengerjakan operasi ulangannya, bisa saja terjadi perlengkatan, apabila tidak hati2 kandung kemih dapat tersayat juga...(ngeri  euy....)

Nah... mpe sekarang, saya masih belum menerima dengan iklas kenapa sayatan caesar saya vertikal, jadinya agak jelek secara estetika, soalnya beberapa temen yang SC dengan sayatan horizontal lebih bagus, bahkan hampit tidak terlihat...tapi saya yakin dokter mengambil tindakan tersebut mungkin dengan alasan medis yang sudah tepat ( ga mungkin kan karena balas dendam ya...). padahal dokter saya bukan dokter jadul loh...

Bekas sayatan operasi saya kira-kira 2 jari di bawah pusat, ada 12 bekas benang di kiri dan kanan  sayatan, dan bekas sayatan juga meninggalkan bekas yang agak melebar dan agak cekung .jika saya berdiri, panjang bekas sayatan ini sekitar 3 jari...(maaf ya... emak2 hitungannya ga  standar banget, kayak wiro sableng)) dan bekas sayatan juga meninggalkan bekas yang agak melebar dan agak cekung, mungkin ini yang dinamakan keloid, awalnya bekas luka hanya seperi garis, tapi lama kelamaan melebar kira2 3 mm, saya tidak tau apakah seringnya menggunakan celana jins yang ngepas, sehingga bekas luka ini bergesekan  dengan bahan jins yang kaku  merupakan penyebabnya atau ada hal lain.



bekas luka pada sayatan vertikal



Bekas luka dengan sayatan horizontal

Gambar : resepmujarab.blogspot.com & prenagen.com

3 komentar:

  1. tiga kali ngalamain sc, tiga kali disayat horizontal pada tempat yang sama.. sampai ada yang ngledek, udah pasang resleting aja biar gampang, qiqiqi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo horizontal sih bagus mbak...lah saya ini vertikal.... weleh bener2 kayak resliting...

      Hapus
  2. Gitu ya mbak.. perjuangan seorang ibu.... Subhanalloh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung & meninggalkan komentar, tunggu kunjungan balik saya

If you follow my blog, I will do too